Cara Transfer File Antar Laptop Paling Cepat dan Gampang

Laptop sudah bukan lagi menjadi perangkat elektronik yang jarang ditemukan di kalangan masyarakat. Laptop dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengolah dokumen, sebagai sarana bisnis, membantu urusan pendidikan dan masih banyak lagi. Sudah tahu belum cara transfer file antar laptop?

Berbicara mengenai perangkat laptop, tentu tidak bisa lepas dari kegiatan memindahkan data dari laptop satu ke laptop lainnya. Ternyata sampai sekarang masih belum bisa melakukan transfer file antar laptop.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini akan dibahas cara transfer file antar laptop tersebut. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Transfer File Antar Laptop Paling Cepat

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk transfer file. Beberapa metode yang dimaksud yakni transfile lewat flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya, dengan kabel LAN dan melalui jaringan Wifi.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa metode transfer file antar laptop yang paling populer digunakan, di antaranya:

1. Transfer File Antar Laptop dengan Flashdisk

Transfer File Antar Laptop dengan Flashdisk
Sumber gambar: laci usang

Cara yang pertama untuk memindahkan file dari laptop ke laptop lain yakni dengan memanfaatkan perangkat flashdisk. Cara ini merupakan metode konvensional dan paling mudah untuk dilakukan. Untuk cara kerjanya sendiri yakni dengan memindahkan dulu file di laptop ke dalam flashdisk tersebut.

Jika sudah semuanya, selanjutnya Anda tancapkan flashdisk tadi ke laptop lain yang ingin digunakan untuk menyimpan file tadi. Sekarang tinggal Anda pindahkan file yang tersimpan di flashdisk tersebut ke harddisk laptop. Anda bisa menyimannya di Drive D: atau E: sesuai keinginan.

Selain melalui Flashdisk, Anda juga bisa memanfaatkan alat penyimpanan eksternal lain untuk urusan pemindahan file. Misalnya saja menggunakan Memori Card atau SD Card. Caranya juga sama, yakni memindahkan filenya dulu ke SD Card kemudian dipindahkan ke laptop lain. Jika Anda punya harddisk eksternal, maka bisa memanfaatkan alat ini untuk pemindahan file dari laptop ke laptop lainnya.

2. Transfer File Antar Laptop dengan Sharing File

Transfer File Antar Laptop dengan Sharing File
Sumber gambar: Microsoft

Alternatif lain jika Anda tidak memiliki flashdisk atau alat serupa lainnya yakni dengan menggunakan metode sharing file atau sharing folder. Di sini Anda tidak perlu menggunakan penghubung apa pun, alias hanya memanfaatkan jaringan Wifi atau Wireless. Karena tidak membutuhkan kabel atau semacamnya, tentu cara ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan.

Adapun cara sharing file atau folder di laptop untuk mentransfer file selengkapnya, yakni:

  • Untuk bisa melakukan sharing file atau folder tanpa kabel ini, Anda harus memastikan kedua perangkat laptop sudah terhubung di hotspot yang sama. Anda juga bisa membuat dulu jaringan hotspot di satu laptop, kemudian hubungkan laptop lain ke jaringan hotspot yang telah dibuat tersebut.
  • Selanjutnya Anda lakukan pengaturan sharing file atau sharing folder di laptop yang terdapat file yang ingin ditransfer.
  • Pada laptop tersebut Anda buka menu Control Panel dengan cara klik Start Menu, lalu pilih menu Control Panel.
  • Selanjutnya Anda masuk ke opsi Netword and Internet, kemudian klik Network and Sharing Center.
  • Lalu masuk ke opsi Advanced Sharing Settings.
  • Sekarang cari opsi Public Folder Sharing, kemudian atur ke opsi “Turn on sharing……”. Lanjut cari opsi Password Protected Sharing, dan atur ke opsi “Turn off password….”, lalu klik Save Changes.
  • Jika sudah sekarang Anda buka Windows Explorer dan cari folder yang ingin ditransfer. Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih opsi Properties.
  • Pada jendela baru yang muncul, Anda masuk ke tab Sharing dan klik pada tombol Share. Jendela baru akan muncul, selanjutnya Anda atur mode sharing di bagian Everyone menjadi Read/Write dan klik Share dan Done.
  • Pada laptop lain yang sudah dihubungkan tadi, Anda buka Windows Explorer. Kemudian di bagian kolom Search Anda ketik \ip_addressperangkat laptop tadi lalu tekan Enter. Di sana Anda akan menemukan folder yang sudah dishare tadi dan bisa langsung Anda pindahkan ke penyimpanan laptop tersebut dengan teknik Copy-Paste.

Itulah tadi cara transfer file antar laptop yang paling mudah bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.