5 Cara Hemat Kuota Internet All Operator, Ampuh Banget!

5 Cara Hemat Kuota Internet All Operator, Ampuh Banget!

Kuota menjadi sebuah kewajikan yang harus dimiliki saat ini, akan tetapi Banyak orang yang mengeluhkan boros nya penggunaan internet mereka yang berakibat kuota cepat habis, padahal ada berbagai cara untuk menghemat kuota yang bisa kamu lakukan, untuk itu yuk kita simak informasi yang teknohits buat dibawah ini.

 

5 Cara Hemat Kuota Internet All Operator

 

1. Menggunakan Chrome Data Saver

Bila kamu pengguna Chrome browser, maka kamu dapat memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk kamu aktifkan fitur ini kamu dapat pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

Cara menghemat kuota ini ampuh banget, lho. Chrome akan bekerja secara otomatis untuk memperkecil penggunaan data internet kamu saat browsing. Untuk yang belum punya aplikasi browser yang satu ini, kamu dapat mengunduh aplikasinya melalui link di bawah ini dan bisa langsung mempraktekkan cara menghemat kuota Telkomsel, Tri, dan operator lainnya.

 

2. dengan Menonaktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Cara menghemat data berikutnya yaitu dengan cara menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu dapat masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal tersebut akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

Baca Juga  Cara Melihat Kata Sandi yang Tersimpan di Browser Chrome

 

3. dengan Membatasi Penggunaan Kuota Internet

Kamu pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android? Kamu dapat manfaatkan fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk memakai kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya. Meski terkesan sangat sederhana, fitur yang satu ini ampuh banget sebagai cara hemat kuota Tri, Telkomsel, dan operaot lainnya terutama untuk pengguna yang impulsif dalam menggunakan internet.

 

4. Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Bila kamu benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghemat kuota adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang. Biarpun ada konsekuensinya, namun cara menghemat data seluler satu ini bisa jadi opsi andalan buat kamu.

 

5. Indentifikasikan Aplikasi yang Menyedot Kuota Data

Cara agar kuota tidak boros berikutnya ini banyak sekali terlupakan, padahal sering kali menjadi biang utama kuota boros yang tidak terdeteksi. Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya, kamu dapat uninstall aplikasi tersebut kemudian ganti dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.