Situs Freelance Indonesia Terpercaya

Situs kerja online atau web freelance saat ini cukup menarik perhatian banyak kalangan mulai dari kalangan pekerja tetap hingga kaum milenial. Situ freelance menyediakan banyak kategori pekerjaan setiap harinya.

Buat kalian yang sedang mencari kerja namun tidak ingin full time, inilah saat yang tepat untuk mencoba bekerja sebagai freelancer. Freelance online memiliki income yang cukup menjanjikan pula. Income yang diperoleh bervariasi mulai dari uang dengan jumlah sebesar uang saku hingga nominal yang sama besarnya dengan kerja kantoran. Ini menjadikan situs kerja online cukup diminati akhir-akhir ini.

Oh iya, bagi yang masih pelajar yang ingin belajar online bisa cek disini ya, situs belajar online.

Situs Freelance Indonesia

Untuk menjadi freelancer online cukup mudah. Namun, tentu saja ada beberapa informasi penting yang harus diketahui para freelancer online mengenai situs kerja online sebelum mendaftar sebagai freelancer.

Inilah beberapa situs kerja online terpercaya saat ini yang dapat dicoba oleh seluruh kalangan pekerja mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran/pensiunan.

Sribulancer

Sumber gambar: DailySocial

Sribulancer situs freelance online terbesar di Indonesia, website yang menjadi wadah bagi pekerja ataupun pemberi kerja online asal Indonesia. Pekerjaan yang ditawarkan sangat bervariasi, sehingga calon pekerja bisa memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuannya.

Pekerjaan yang ditawarkan mulai dari pembuatan website, graphic design, penulisan artikel, penerjemah, dan berbagai pekerjaan jasa lainnya.

Sebelum menjadi freelancer di Sribulancer, calon freelancer harus terlebih dahulu membuat akun pribadi. Akun inilah yang menjadi informasi yang dapat dilihat oleh owner/klien. Nantinya, katalag freelancer akan menampilkan jasa yang ditawarkan, harga, dan riwayat pekerjaan yang telah diselesaikan secara transparan.

Klien maupun freelancer dapat melakukan negosiasi harga pekerjaan yang akan dikerjakan. Jika terjadi perselisihan, maka Sribulancer akan menjadi pihak penengah. Ketika telah mendapatkan kesepakatan harga, klien akan membayar upah freelancer melalui Sribulancer dan freelancer akan mendapatkan upah setelah pekerjaannya selesai.

Projects.co.id

Sumber gambar: android buntu

Projects.co.id adalah situs freelance yang populer di Indonesia. Situs freelance ini cocok untuk pemula yang baru terjun di freelance. Projects menawarkan bidang kerja mulai dari IT, progammer, editing (Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premiere, dll), pembuatan website, penulis artikel, fotografi, dll.

Freelancer harus membuat akun pribadi dan melengkapi informasi pribadi selengkap mungkin. Semakin lengkap dan transparan informasi yang diberikan, maka tingkat kepercayaan klienpun semakin tinggi.

Sistem melamar pekerjaan di projects.co.id adalah freelancer terlebih dahulu memilih pekerjaan yang diminati kemudian melakukan bid. Bid ini adalah semacam lamaran atau deskripsi singkat mengenai diri freelancer, alasan memilih pekerjaan tersebut, serta pengalaman yang berhubungan. Setelah melakukan bid, maka freelancer hanya perlu menunggu klien/owner pekerjaan tersebut memilih freelancer yang diinginkan.

Sistem pembayaran upah kerja dilakukan melalui projects.co.id. Setelah menetapkan freelancer, klien harus mentransfer upah freelancer ke projects.co.id. Freelancer akan mendapatkan upahnya setelah pekerjaan selesai.

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia berasal dari startup di Australia yang bergerak di bidang freelance. Pekerjaan yang ditawarkan meliputi IT, desain, marketing, penulis website, penerjemah, dll.

Melalui situs ini, freelancer dapat mencari pekerjaan dari luar negeri. Hingga saat ini, Freelancer telah terhubung dengan lebih dari 29.403.813 pencari jasa dan freelancer di lebih dari 247 negara, wilayah, dan teritori.

Karena situs ini berskala internasional, maka kemampuan yang ditawarkan dan dicari harus mampu bersaing pula. Website ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Upwork

Situs Freelance Indonesia Terpercaya
Sumber gambar: yohanes

Upwork adalah situs freelance online yang menawarkan hampir semua bidang pekerjaan. Jangka waktu yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari jangka pendek hingga panjang.

Sistem pembayaran situs ini yaitu menggunakan hitungan jam per proyek. Wesbite ini memprioritaskan kemampuan mulai dari profesional hingga pemula.

Sama seperti situs freelance online lainnya, freelancer harus melengkapi profil pribadi mereka selengkap mungkin untuk meyakinkan klien. Portofolio akan sangat mempengaruhi dalam seleksi pekerja.

Sribu

Sribulancer

Sribu merupakan anak industri dari Sribulancer. Sribu, web freelance yang fokus melayani desain grafis. mulai dari desain logo, web, aplikasi mobile, kemasan serta yang lain. Sribu sudah menolong kebutuhan desain lebih dari 12, 100+ klien dari serluh dunia.

Untuk kalian para graphic designer yang lagi mencari lowongan kerja freelance, web yang satu ini bisa jadi solusinya.  Sribu mempunyai sistem kontes dimana para graphic designer hendak memasukkan karya mereka kepada owner proyek. Nantinya owner proyek akan memilah karya mana yang lebih ia suka.

99Design

Situs Freelance Indonesia Terpercaya
Sumber gambar: guling-guling

Sesuai nama domainnya, 99design merupakan web freelance yang dikhususkan untuk pekerjaan desain. 99design menjai salah satu situs freelance terbesar untuk desain, desain yang tersedia seperti desain Logo, Web, Desain Grafis dan lainnya.

Sistem kerja yang digunakan 99desgin adalah sistem kontes, dimana worker harus memasukan portofolio atau karya desain ke pe proyek tertentu dan nantinya owner akan memilih worker mana yang mereka sukai.

Fiverr.com

Situs Freelance Indonesia Terpercaya
Sumber gambar: koinwork

Fiverr adalah situs pekerjaan online yang bersakala internasional. Melalui Fiverr, kita dapat terhubung dengan berbagai freelancer dan klien dari seluruh dunia.

Kategori yang disediakan di Fiverr terbagi dalam delapan kategori utama yaitu: graphics & design, digital marketing, writing & translation, video & animation, music & audio, programming & tech, business, dan fun & lifestyle. Masing-masing kategori tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori.

Nominal uang yang dibayarkan Fiverr adalah dalam nominal USD dollar. So, nominalnya cukup menarik jika dikurskan ke Rupiah.