Ukuran Foto Postcard Standar dan Contohnya

  • 2 min read
  • Mar 21, 2020
ukuran foto postcard

Postcard umumnya digunakan seperti berkirim surat, postcard untuk lamaran kerja, namun dengan medium yang cukup terbatas dibandingkan surat pada umumnya. Postcard bisa didapatkan di kantor pos maupun di tempat-tempat wisata yang menjual souvenir dan postcard.

Sebelum kita membahas ukuran foto postcard dan mengetahui contohnya, yuuk kita mengenal terlebih dahulu pengertian pas photo postcard.

Apa itu Postcard

Postcard dalam Bahasa Indonesia berarti kartu pos merupakan medium berupa kartu yang bisanya digunakan untuk berkirim pesan melalui pos.

Postcard memang terbilang old-fashioned atau ketinggalan zaman untuk di era digital seperti sekarang ini. Namun bagi sebagian orang yang menyukai hal-hal berbau old school, maka kartu post atau postcard merupakan hal yang masih sangat diminati.

Postcard sendiri memiliki ukuran standard dan design templatenya sendiri. Untuk ukuran standard postcard full body, yaitu 4 x 6 inci sehingga membuatnya terlihat berbentuk seperti persegi panjang.

Di Amerika, pemerintah sudah menetapkan ukuran standard untuk kartu pos atau postcard yang digunakan. Jika melebihi ukuran standard yang ditetapkan tersebut, maka akan dikenakan biaya tambahan yang nilainya disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan.
ukuran foto postcard standard
Pada umumnya, banyak orang yang tidak mengikuti standard ukuran yang ditetapkan tersebut dengan alasannya cukup beragam, yaitu di antaranya untuk membuat kesan unik dan spesial pada postcard yang dikreasikan tersebut. Mereka tidak masalah dengan tambahan biaya yang akan dikenakan asal postcard mereka memiliki desain dan ukuran yang sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan di Indonesia sendiri, postcard atau kartu pos pada umumnya dibuat dengan desain-desain yang ada hubungannya dengan budaya Indonesia.

Nah, terlepas dari postcard dengan artian sebenarnya (yaitu kartu pos), ada juga yang dikenal dengan istilah ukuran foto postcard dalam dunia perfotoan. Banyak yang bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan ukuran gambar postcard tersebut? Berapa ukuran postcard dalam cm yang sebenarnya? Menurut berbagai sumber online, ukuran foto postcard standard dalam cm yang sering dipakai ukurannya sama dengan foto 3R yang jika dikonversikan adalah 8.9 x 12.7 cm = 3,5 x 5 inch.

Ukuran Foto Postcard

Ada beberapa macam ukuran standard lainya yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah ukurannya:

  • Postcard Standar: 4 x 6 Inci (ukuran postcard yang banyak digunakan di Indonesia)
  • Postcard Standar Internasional: A6 (148 x 105 mm atau 5.8 x 4.1 inchi)
  • Postcard Standar Amerika:Maksimum (6.0 x 4.25 in), Minimum (5.0 x 3.5 in)
  • Postcard Standar Old British: 4.75 x 3.5 inchi (1984-1899), 5.5 x 3.5 inchi (1899), 5.875 x 4.125 inches (1925)

Macam-Macam Ukuran Postcard

Selain ukuran diatas, masih ada ukuran postcard lainnya:

  • Extra Larget : 9″ x 12″
  • Standard : 6″ x 11″
  • Small : 4.25″ x 6″
  • 2R
  • 3R
  • 4R
  • 5R
  • 24R

Contoh Foto Postcard Jadul

postcard jadul

Contoh Foto Postcard Modern

postcard modern
contoh postcard modern

Jika dilihat dari ukuran dan contoh gambar postcard diatas, semua postcard orientasi’nya landscape.

Apakah ukuran postcard harus dalam orientasi landscape?

Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa memilih cetakan dalam orientasi landscape atau potret, tergantung desain gambar yang kamu suka. Seperti gambar berikut contohnya.

postcard potret

Cara Print Foto Postcard Sendiri

Setelah tau ukuran postcard standard yang dimaksud, selanjutnya adalah proses mencetak gambar. Untuk mencetak gambar ukuran postcard sendiri di rumah, tentu akan lebih mudah jika memiliki printer sendiri. Jika masih bingung bagaimana caranya, maka tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada tutorialnya di internet. Tapi jika masih bingung juga, maka bisa mengikuti video tutorialnya di Youtube. Dengan mengikuti tutorial tersebut secara benar, maka mencetak foto postcard sendiri tentu tidak akan terasa sulit lagi.

Nah itu tadi contoh ukuran foto postcard beserta penjelasan singkat mengenai postcard atau kartu pos, ukuran standard serta maksud dari ukuran foto postcard yang sering kita dengar selama ini. Tidak hanya itu, penjelasan tersebut juga dilengkapi dengan link tutorial untuk mencetak foto ukuran postcard, bisa kamu coba sendiri di rumah. Mudah-mudahan informasi yang disajikan diartikel ini bisa bermanfaat dan informatif buat pembaca sekalian, ya!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *