3 Cara Screenshot di Laptop Windows Mudah dan Gak Ribet

Screenshot atau biasa disebut screen pictures merupakan aktivitas digital yang memungkinkan kamu untuk menangkap gambar yang terdapat pada layar Smartphone maupun perangkat komputer, terkadang fitur screenshot ini digunakan pada perangkat komputer atau laptop di windows. tujuannya beragam. untuk membahas itu yuk kita simak info dibawah ini.

 

3 Cara Screenshot di Laptop Windows Mudah dan Gak Ribet

 

A. Cara Screenshot di Laptop lewat PrtScn Key

PrtScn Key
Sumber gambar: minitool

Cara yang paling mudah untuk menyimpan salinan apa pun yang ada di layar komputer kamu yaitu dengan menekan tombol ‘Print Screen’ pada keyboard kamu. Biasanya tombol diberi label ‘PrtScn’ dan terletak di baris atas di antara atau dekat tombol Function. Pada beberapa keyboard kamu mungkin perlu memicu Print Screen menggunakan tombol Function, dengan kata lain tahan tombol Function lalu PrtScn. Windows menampilkan beberapa variasi PrtScn:

1. Tekan PrtScn. Metode tersebut menyalin seluruh layar ke clipboard. Kamu bisa menempelkan screenshot ke program apa pun yang menampilkan gambar seperti Paint atau Microsoft Word.

2. Tekan Alt+ PrtScn. Metode ini untuk menyalin jendela aktif ke clipboard yang bisa kamu tempelkan ke program lain.

3. Tekan tombol Windows Key+ Shift+ S. Layar akan meredup dan penunjuk mouse berubah. Kamu dapat menarik untuk memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya. Screenshot akan disalin ke clipboard, yang dapat kamu tempelkan ke program lain.

4. Tekan tombol Windows + PrtScn. Cara ini ditujukan untuk menyimpan seluruh layar sebagai file gambar. Kamu dapat menemukannya di folder ‘Picture’ dalam subfolder yang disebut Screenshots.

 

B. Cara Screenshot di Windows 10 dengan Snipping Tool

Snipping Tool

Microsoft menyertakan utilitas screenshot yang jauh lebih fleksibel dengan Windows 10 yang disebut Snipping Tool. Kamu dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih dulu menempelkan tangkapan layar ke program lain.

Ikut cara screenshot di laptop menggunakan Snipping Tool berikut ini:

1. Jalankan Snipping Tool dari menu Start

2. Dalam drop down menu, pilih jenis bentuk screenshot yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih apa saja dari full screen, persegi panjang, hingga bentuk bebas.

3. Klik New dan layar kamu bisa membeku. Kamu lalu bisa memakai mouse untuk membuat screenshot. Tangkapan layar kemudian akan muncul di jendela Snipping Tool.

4. Jika kamu ingin menyertakan sesuatu seperti tooltip, yang hanya muncul setelah gerakan mouse, kamu bisa menentukan seberapa lama menunggu sebelum mengambil screenshot menggunakan menu Delay.

5. Bila mau, setelah kamu mengambil screenshot, kamu bisa menggunakan alat gambar untuk memberi keterangan pada screenshot.

6. Setelah selesai, klik ‘File’, lalu Save As untuk menyimpan screenshot yang telah selesai ke komputer kamu.

7. Kamu juga dapat mengklik tombol copy di Snipping Tool window untuk menyalin gambar ke clipboard kamu.

 

Cara Screenshot di laptop Windows 10 dengan Game Bar

Cara Screenshot di laptop Windows 10 dengan Game Bar
Sumber gambar: jalan tikus

Cara screenshot di laptop terakhir yang dalam daftar ini yakni lewat Game Bar. Game Bar adalah overlay yang dapat kamu pakai di sebagian besar game Windows untuk mengambil screenshot dan merekam video. Berikut cara menggunakannya:

1.Mulai game dari Start menu di Xbox Console Companion program.

2. Saat bermain game, tekan tombol Windows + G. Game Bar overlay akan muncl di sini.

3. Klik ikon kamera untuk mengambil screenshot atau kamu dapat menggunakan shortcut keyboard seperti tombol Windows + Alt +PrtScn.

Screenshot akan secara otomatis disimpan ke folder Videos dalam subfolder yang disebut Captures. Jika kamu memainkan game di Steam, Anda juga dapat menekan F11 untuk mengambil tangkapan layar.