5 Film Indonesia Dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Gak Nyangka!

Jika berbicara film, ternyata film indonesia Juga memiliki kualitas yang tak jauh film dari negara lain loh, film indonesia juga ternyata banyak yang mempunyai plot twist bikin penonton terheran heran, alur cerita yang keren dan ending yang bikin gak nyangka membuat film tersebut menjadi lebih menarik, penasaran film indonesia apa saja Yang mempunyai plot twist keren? Yuk simak dibawah ini.

 

1. Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang (2009)
Sumber gambar: Wikipedia

Pintu Terlarang merupakan sebuah film thriller Indonesia yang disutradarai oleh Joko Anwar. Film yang berdasarkan novel Pintu Terlarang ini sukses memenangkan penghargaan Best of Puchon di Festival Film Fantastis Internasional Puchon 2009. Film ini berkisah tentang kehidupan Gambir, seorang pemahat yang mahir membuat patung-patung wanita hamil. Namun, ada sebuah rahasia di balik setiap yang ia buat, yaitu isinya adalah janin hasil aborsi Talyda, istrinya.

Gambir berubah pikiran dan engga mau buat patung dengan janin asli lagi, namun bosnya selalu menuntutnya. Di waktu yang bersamaan, banyak hal aneh yang mulai mengganggunya, termasuk pintu merah misterius di kediamannya. Tapi ternyata, kehidupan Gambir yang kita ketahui sejauh ini tidaklah nyata. Gambir cuma seorang psikopat yang masuk rumah sakit jiwa karena membunuh orang tuanya. Sementara itu, Talyda bukan istrinya tapi seorang wartawati.

 

2. The Raid: Redemption (2011)

The Raid: Redemption (2011)
Sumber gambar: rotten tomatoes

The Raid Redemption merupakan sebuah film action thriller yang ditulis, disutradarai, dan diedit oleh Gareth Evans. Film ini adalah salah satu film tersukses Indonesia yang mendapatkan rating tinggi di IMDB. Film berkisah tentang Rama dan kawan-kawannya yang memiki tugas menyergap gembong narkoba yang dipimpin Tama. Film ini dipenuhi dengan action serta visual yang immersive, dijamin bakalan bikin kamu keringetan nontonnya.

Twist yang terjadi di film ini yaitu ternyata penyergapan Tama itu cuma operasi gelap yang direncanakan Letnan Wahyu, seorang polisi korup yang ingin menangkap Tama agar cepat naik jabatan. Wahyu mau jadi satu-satunya polisi yang selamat agar memperoleh medali kehormatan dengan membiarkan semua anak buahnya mati. Tak cuma itu, Andi, kakak Rama yang hilang bertahun-tahun ternyata bekerja menjadi anak buah Tama!

 

3. Belenggu (2013)

Belenggu (2013)
Sumber gambar: arsip festival

Belenggu merupakan sebuah film horor Indonesia tahun 2012 yang disutradarai oleh Upi Avianto. Alur cerita film ini yang genius membuatnya mendapatkan sejumlah penghargaan dari Festival Film Indonesia, Penghargaan Film Indonesia dan Penghargaan Maya. Belenggu berkisah tentang Elang yang sering dilanda mimpi buruk mengenai sosok misterius berkostum kelinci bersama wanita tak dikenal dan dua mayat berlumuran darah di dalam mobil.

Elang yang tinggal di sebuah kota kecil mulai mencurigai Guntur, suami Senja, karena ia kerja di bisnis pertunjukan lempar pisau dan berkostum kelinci. Lalu, Elang juga bertemu dengan wanita bernama Jingga yang mengaku pernah diperkosa tiga orang.

Elang memutuskan untuk membalas dendam Jingga dengan kapak. Polisi yang mulai ikut campur mengetahui bahwa sebenarnya gadis yang diperkosa itu sudah mati. Jenar dan Senja tidak pernah ada karena mereka adalah istri dan anaknya yang dibunuh Elang dengan kostum kelinci.

 

4. Modus Anomali (2012)

Modus Anomali (2012)
Sumber gambar: voila

Modus Anomali yaitu sebuah film Indonesia terbaik yang digarap oleh Joko Anwar. Berkisah tentang seorang pria yang selamat setelah dikubur hidup-hidup dan mulai mencari keluarganya. ia tak dapat ingat apapun dan anehnya tidak ada kontak sama sekali di HPnya. Dalam waktu yang bersamaan, ia juga harus melarikan diri dari penjahat yang berusaha membunuhnya di tengah hutan.

Sampai akhirnya, ia temukan sebuah kotak yang bertulisan The Truth. Di dalam kotak tersebut ada serum misterius yang langsung ia suntikkan ke tubuh. Anehnya, setelah itu dia langsung bisa mengetahui jalan keluar hutan dan bahkan mengendarai mobil yang tersembunyi.

Ternyata pria tersebut merupakan psikopat yang gemar membunuh suami istri. Ia sengaja agar lupa ingatan dan seolah-olah menjadi korban suami istri yang terbunuh penjahat. Sementara itu, penjahat yang mengejarnya hanyalah anak-anak dari keluarga korban.

 

5. Comic 8 (2014)

Comic 8 (2014)
Sumber gambar: imdb

Comic 8 merupakan sebuah film komedi Indonesia yang penuh aksi. Film ini sukses mendapatkan penghargaan Festival Film Bandung dalam kategori Penata Editing Terpuji. Berkisah tentang delapan anak muda dari latar belakang dan kisah hidup yang beragam yang ingin merampok bank pada saat bersamaan. Mereka adalah The Amateurs, The Gangsters dan The Freaks.

Twist di film ini yaitu ternyata para perampok itu merupakan kumpulan pasien rumah sakit jiwa yang dicuci otak dengan sengaja oleh dokter, suster dan petugas keamanan.