Cara Membuat Kuesioner Di Google Form Dengan Mudah & Gak Ribet

Cara Membuat Kuesioner Di Google Form Dengan Mudah & Gak Ribet

Untuk kamu mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi, kamu wajib nih perhatikan artikel ini yaitu cara membuat kuesioner di google form dengan mudah dan gak ribet, tak perlu basa basi lagi, yuk kita simak infonya dibawah ini.

 

Cara Bikin Kuesioner di Google Form

Cara buat Google Form untuk kuesioner dapat kamu lakukan baik di PC/laptop maupun smartphone kamu. So, kamu dapat membuatnya kapan saja dan di mana saja, bro. Sehingga, saat ini survey dapat dilakukan dengan praktis bahkan kamu nggak perlu lagi berkeliling menyebarkan kuesioner. Kamu cuma perlu menyebarkan link dengan jumlah orang sesuai yang kamu butuhkan. Berikut ini teknohits akan kasih langkah-langkah cara membuat kuesioner online Google Forms yang bisa kamu coba.

 

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Pakai PC/Laptop

Membuat kuesioner online di Google Form memakai perangkat komputer PC atau laptop lebih mudah bila kamu membutuhkan survei yang cukup panjang dan waktu yang cukup banyak. Untuk dapat membuat kuesioner Google Form di PC maupun laptop, kamu perlu buat akun Gmail terlebih dahulu. Kalau kamu sudah memiliki akun Gmail, maka kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

 

Langkah 1 – Masuk ke Google Drive

Setelah login ke akun Gmail kamu, klik bagian Menu Lainnya yang ada di pojok kanan atas berbentuk ikon titik sembilan. kemudian pilih Drive.

Baca Juga  5 Software Google Terbaik yang Wajib Kamu Download, ada Google Form

Langkah 2 – Pilih Google Forms

Setelah kamu masuk ke Google Drive, cara membuat kuesioner di Google Forms selanjutnya adalah klik tombol New di sebelah kiri lalu pilih More dan klik Google Forms.

Langkah 3 – Ketik judul kuesioner

Masuk ke Google Forms selanjutnya akan ditampilkan tayangan formulir. Kamu bisa mengganti judul kuesioner di bagian atas berikut dengan deskripsinya.

Langkah 4 – Ketik isi kuesioner

Berikutnya kamu dapat mengisi kuesioner awal misalnya dengan pengisian data diri. Misalnya pengisian nama, kamu bisa mengganti pilihan jawabannya dengan Short Answer untuk jawaban singkat.

Langkah 5 – Tambah isi kuesioner

Untuk menambah isi kuesioner, kamu dapat klik di tanda + di tool box sebelah kanan. Kemudian tambahan isi kuesioner bisa kamu isi dengan data diri lainnya. Contohnya alamat dan jenis kelamin. Pilihan pengisian jawaban juga bisa kamu ganti dengan klik box yang ada di gambar, sesuaikan dengan jenis pertanyaan.

Langkah 6 – Tambah section

Setelah beres dengan data diri, kamu dapat pindah ke bagian atau section baru dengan klik tanda seperti yang ada di gambar, yang berada di tool box sebelah kanan.

Langkah 7 – Tambah pertanyaan kuesioner

Di section baru, kamu dapat mulai memasukkan pertanyaan kuesioner, dengan cara yang sama seperti kamu memasukkan judul dan juga isi kuesioner di bagian pertama.

Langkah 8 – Bagikan kuesioner

Setelah kamu beres memasukkan isi kuesioner, maka kuesioner kamu sudah beres. Kamu dapat bagikan dengan cara klik Send lalu copy link, atau cukup dengan menyalin link url yang ada di bagian atas.