4 Situs Tes Buta Warna Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Tes buta warna tentunya kamu diwajibkan untuk melakukan tes di rumah sakit, namun jika kamu merasa akan melakukan tes dalam waktu dekat dan ingin mengetahui hasilnya tampa harus pergi ke rumah sakit kamu bisa kok memanfaatkan beberapa situs dibawah ini.

 

1. Enchroma.com

Enchroma.com
Sumber gambar: Enchroma.com

EnChroma Color Blind Test merupakan tes buta warna yang dirancang untuk menentukan tipe dan tingkat buta warna seseorang. Test online buta warna ini dibuat oleh EnChroma, sebuah perusahaan independen yang berbasis di California.

Tes buta warna EnChroma yaitu sebuah website test buta warna online nomor 1 untuk kekurangan penglihatan warna yang telah dicoba oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia. EnChroma juga adalah salah satu produk kacamata buta warna terkenal, yang banyak digunakan oleh orang.

Tes EnChroma didasari pada metode uji hidden digit Ishihara yang dikombinasikan dengan algoritma adaptif komputer untuk mengukur jenis dan tingkat kekurangan penglihatan warna (CVD) seseorang. Situs ini juga tersedia dalam mode angka untuk orang dewasa dan anak-anak usia 10+ dan dalam mode bentuk untuk anak-anak usia 5+. Tiga jenis utama kebutaan warna adalah Deutan, Protan, dan Tritan.

 

2. EyeQue

EyeQue
Sumber gambar : EyeQue

EyeQue adalah pemimpin dalam uji penglihatan di rumah, perusahaan ini hadirkan perawatan mata yang terjangkau bagi semua orang. EyeQue berdedikasi untuk menempatkan tes penglihatan yang akurat langsung ke rang-orang di seluruh dunia.

Nah, melalui situs eyeque.com, kita dapat melakukan tes buta warna online lho. Bahkan EyeQue memakai teknologi uji Ishihara standar industri untuk mengukur persepsi warna dan kekurangan warna layar. Proses ini terdiri dari piring berwarna, alias piring Ishihara, yang berisi angka di antara titik-titik, secara acak dalam ukuran dan warna. Sejak diciptakan oleh Dr. Shinobu Ishihara pada tahun 1917, ia tetap menjadi persepsi warna paling akurat untuk kekurangan warna merah-hijau.

 

3. Colblindor

Colblindor
Sumber gambar : Colblindor

Situs color-blindness.com juga sediakan tes buta warna online yang dibutuhkan. Banyak orang mencari kemungkinan untuk menguji penglihatan warna mereka di web. Sayangnya gak banyak tes buta warna yang tersedia online. Jadi situs ini akan menyatukan serangkaian tes untuk memeriksa jenis defisiensi penglihatan warna pribadi dan tingkat keparahannya. Perlu diketahui bahwa pengaturan tampilan komputer pribadi kita, cahaya sekitar dan faktor-faktor lain dapat memengaruhi hasil pengujian.

 

4. Vonvon

Website vonvon.me sediakan fitur tes buta warna yang bisa kamu coba dengan mudah. Dengan tampilan yang simpel kamu bisa secara gratis melakukan tes buta warna di web ini, bro. Pada permulaan kamu tinggal mengklik tombol “klik untuk mulai” dan kamu akan langsung diberikan pertanyaan pertama, akan ada jawaban pilihan ganda yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu lihat. Selanjutnya, setelah semua pertanyaan berhasil kamu jawab, maka hasilnya pun akan langsung diberitahukan, apakah kamu memiliki penglihatan normal atau buta warna parsial maupun total.