5 Film Demo Terbaik Dunia, Mirip Seperti Demo Mahasiswa di DPR

Hallo sobat teknohits, apakah kamu tahu film Dibalik 98 yang dibintangi aktris cantik Chelsea Islan? Yap, film tersebut berkisah tragedi demo besar besaran untuk menggulingkan presiden Soekarno pada tahun tersebut, nah tahukah kamu? Ternyata ada film serupa loh yang tak kalah seru. Film yang berkisah tentang aksi demo ini mirip dengan aksi mahasiswa yang turun kejalan pada tahun lalu, beberapa film yang akan teknohits berikan ini juga sangat seru loh, untuk itu yuk sama sama kita simak informasi nya dibawah ini.

 

1. When the Day Comes (2017)

When the Day Comes (2017)
Sumber gambar: imdb

When the Day Comes merupakan sebuah film thriller berunsur politik Korea Selatan tahun 2017 yang berdasarkan kisah nyata di tahun 1987. Film ini dibintangi oleh Kim Yoon-seok, Ha Jung-woo, dan Kim Tae-ri. Pada tahun 1987, Korea berada di bawah rezim militer yang menindas. Sebuah interogasi yang melanggar hukum mengakibatkan kematian seorang mahasiswa. Tentunya, tragedi tersebut menyulut warga negara biasa yang tidak terima atas apa yang terjadi. Mereka pun berusaha untuk memperjuangkan kebenaran dan mewujudkan keadilan.

 

2. Matewan (1985)

Matewan (1985)
Sumber gambar: youtube

Matewan yaitu sebuah film indie yang menceritakan demonstrasi penambang batu bara di Virginia pada tahun 1920an. Film tersebut terkenal karena dibintangi salah satu aktor terbaik, yaitu Chris Cooper. Matewan bercerita tentang nasib para pekerja penambang batu bara yang tidak dapat mengandalkan kekuatan pepatah untuk perlindungan.

Ketegangan akhirnya memuncak, yang mengarah ke Pertempuran Matewan dan baku tembak yang menewaskan beberapa orang. Film ini sukses mendapatkan nominasi Oscar untuk Sinematografi Terbaik karena visualnya yang memukau.

 

3. La Haine (1995)

. La Haine (1995)
Sumber gambar: cultura

La Haine yaitu sebuah bergenre film drama tahun 1995 yang dirilis setelah kerusuhan besar di lingkungan miskin Paris. Hal tersebut jadi penyebab oleh serangan terhadap seorang imigran oleh petugas polisi. Drama hitam-putih ini mengikuti ketiga teman korban yang menemukan pistol polisi setelah kerusuhan. Mereka memperdebatkan apakah mereka harus menanggapi kekerasan dengan kekerasan lebih lanjut. Dalam kurun waktu bersamaan, mereka juga pula sambil menghindari penegakan hukum yang semakin brutal yang menyerang lingkungan mereka. Fakta menarik dari film ini adalah judul film La Haine secara kasar dapat diterjemahkan menjadi Hate atau benci.

 

4. Even the Rain (2010)

Even the Rain (2010)
Sumber gambar: imdb

Even the Rain merupakan sebuah film yang dinominasikan di Oscar sebagai Film Asing Terbaik. Bercerita kisah sekelompok pembuat film fiksi yang terlibat dalam Perang Air Cochabamba di Bolivia di kehidupan nyata. Sutradara dan produsernya memilih Bolivia untuk film biografi mereka tentang Christopher Columbus karena mereka dapat mempekerjakan pekerja dan aktor dengan harga murah. Film mereka jadi terancam saat aktor utama mereka memulai protes terhadap keputusan pemerintah untuk memprivatisasi pasokan air negara. Even the Rain memiliki pesan yang baik dan kuat sehingga membuatnya menarik ditonton.

 

5. Joker (2019)

Joker (2019)
Sumber gambar: liputan 6

Film Joker yang termasuk film kontroversial ini menggambarkan kehidupan Arthur Fleck yang berprofesi sebagai badut yang sering dicerca masyarakat. Dalam waktu yang sama, kondisi mentalnya memburuk. Saat semua orang mencapnya sebagai aneh dan menghindarinya, ia memutuskan untuk terjun bebas ke kehidupan kriminal dan membuat kekacauan. Hal tersebut diperparah oleh kebenaran yang ia ketahui tentang ibunya. Di akhir film, Fleck menerima perannya sebagai Joker dan para pemberontak Gotham memandangnya sebagai seorang martir. Film ini sukses memenangkan dua Oscar untuk Aktor Terbaik dan Skor Asli Terbaik.