Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP (NIK) aja!

Ada beragam cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dengan KTP, yakni hanya bermodalkan NIK. Di setiap KTP yang dimiliki warga negara Indonesia (WNI) pasti tertera NIK sebagaimana yang terdapat pada KK. NIK KTP ini berguna untuk membantu seseorang mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatannya yang hilang ataupun lupa di mana menyimpannya.

Padahal pada situasi tertentu kartu ini sangat dibutuhkan sehingga kehilangannya tentu akan merepotkan. Namun, kamu yang membaca artikel ini tidak usah khawatir lagi karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini

6 Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP

 

BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah di bidang kesehatan. Kartu BPJS juga telah menjadi salah satu kartu yang penting bagi masyarakat. Kartu ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, cek saldo, maupun cek keaktifan kartu.

Sementara nomor kartu ini akan selalu digunakan pada saat membayar iuran kartu sehingga penting untuk diketahui. Jika tidak maka akan sulit melakukan pembayaran yang berakibat pada penunggakan.

  1. Cek Melalui SMS

Cara pertama yang dapat dilakukan ialah dengan mengirimkan permintaan mengetahui nomor BPJS melalui layanan SMS. Permintaan ini dapat dikirimkan ke nomor resmi BPJS Kesehatan, yaitu 087775500400, sehingga sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Sebenarnya, ada dua cara untuk mengecek nomor BPJS melalui SMS, yakni dengan menggunakan NIK atau NIP. Untuk mengetahui nomor BPJS bermodalkan NIK KTP, berikut cara yang dapat dilakukan.

  • Siapkan KTP
  • Buka menu pesan pada ponsel
  • Ketik NIK (spasi) Nomor NIKAnda
  • Kirim ke nomor 087775500400

 

  1. Cek Melalui Call Center

Selain melakukan pengiriman SMS, Anda juga dapat melakukan panggilan ke call center BPJS Kesehatan. Nomor untuk menghubungi call center ialah 1500400. Sesaat setelah panggilan tersambung, Anda akan diminta memberikan data pribadi berupa nama lengkap, tanggal lahir, dan NIK. Data tersebut berguna untuk membantu customer service mencari tahu nomor kartu BPJS Anda dengan cepat. Call center akan aktif beroperasi selama 24 jam sehingga dapat dihubungi kapanpun dibutuhkan.

Baca Juga  Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak, Mudah Kok

 

  1. Cek Melalui Media Sosial

Cara lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Semua akun media sosial BPJS Kesehatan memiliki nama pengguna @BPJSKesehatanRI yang dapat segera Anda cari saat dibutuhkan. Untuk bertanya mengenai nomor kartu BPJS, Anda perlu mengirimkan format yang telah diatur ke direct message (DM) salah satu akun media sosial tersebut. Adapun format yang dimaksud ialah nama lengkap, tanggal lahir, dan NIK yang tertera pada KTP.

 

  1. Cek Melalui Situs Resmi

Cara yang keempat dapat dilakukan dengan mengakses laman bpjs-kesehatan.go.id yang merupakan situs resmi BPJS Kesehatan. Cara ini juga cukup sederhana untuk dilakukan. Anda memerlukan jaringan internet untuk mengakses situs ini sehingga pastikan ponsel Anda memiliki kuota internet. Berikut cara menanyakan nomor BPJS melalui situs resmi.

  • Ketikkan bpjs-kesehatan.go.iddi kolom pencarian untuk masuk situs resmi BPJS Kesehatan
  • Pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan
  • Masukkan NIK KTP dan tanggal lahir
  • Tuliskan kembali kode validasi yang muncul di layar
  • Terakhir, klik Cekmaka nomor BPJS Kesehatan Anda akan muncul

 

  1. Cek Melalui Aplikasi Mobile JKN

BPJS Kesehatan juga memiliki aplikasi bernama Mobile JKN untuk mempermudah masyarakat. Untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi, Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini di GooglePlay Store atau AppStore. Agar lebih detail, berikut cara mudah mengecek nomor BPJS melalui aplikasi Mobile JKN.

  • Buka aplikasi Mobile JKN
  • Login ke akun BPJS onlineAnda
  • Pilih menu Peserta
  • Pilih KTPsebagai jenis kartu yang digunakan untuk pengecekan
  • Masukkan NIK dan tunggu hingga informasi nomor BPJS muncul

 

  1. Cek Melalui Kantor BPJS

Yang terakhir ialah pengecekan dengan mengunjungi langsung Kantor BPJS. Cara ini membutuhkan biaya transportasi dan waktu lebih untuk diluangkan mengurus hal ini. Meskipun demikian, cara ini tetap bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan Anda.

Baca Juga  Cara Cek NIK KTP Valid Lewat HP Android Yang Mudah dan Cepat

 

Untuk melakukan cara ini, pertama-tama Anda harus mendatangi Kantor BPJS Kesehatan dan mengambil nomor antrean. Setelah dipanggil petugas, Anda dapat menyampaikan maksud kedatangan Anda. Biasanya petugas akan meminta Anda menunjukkan NIK sehingga pastikan Anda membawa KTP. Setelah mengecek kecocokan identitas Anda, petugas pun akan menginformasikan nomor BPJS.

 

Ada 6 cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dengan KTP yang dapat Anda pilih untuk gunakan. Semua cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan karena hanya bermodalkan NIK yang tertera pada KTP setiap penduduk Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atau bingung bila tidak mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan.