cara cek tagihan listrik pasca bayar
Gambar : MediaLampung.co.id

Cara Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar Online Lewat Hp 2021

Listrik menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di zaman serba elektronik seperti sekarang. Mengetahui bagaimana cara cek tagihan listrik pasca bayar online wajib Anda lakukan, supaya terhindar dari denda dan pemadaman gara-gara lupa membayar. Selain itu, sistem pengecekan online memudahkan Anda mengecek kapanpun dan dimanapun.

Hanya perlu ponsel dan kuota internet, maka bisa memantau setiap saat. Tersedia pula opsi panggilan dan SMS, membuatnya semakin mudah dilakukan oleh semua orang, bahkan orang tua sekalipun.

4 Macam Cara Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar di HP

Terdapat dua jenis cara cek tagihan listrik pasca bayar yaitu secara online dan offline. Pengecekan secara online bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile ataupun lewat website. Sedangkan untuk pengecekan secara offline, maka bisa menggunakan layanan SMS dan layanan panggilan customer service PLN.

Jadi, perhatikan dengan baik langkah-langkah keempat cara tersebut berikut ini:

  1. Mengecek Tagihan Listrik Pasca Bayar Menggunakan aplikasi PLN Mobile

PLN Mobile merupakan aplikasi resmi dari PLN untuk melakukan pengecekan tagihan listrik. Jadi, penggunaan aplikasi ini menjadi salah satu cara cek tagihan listrik pasca bayar dengan mudah dan simpel.

Anda bisa mengunduhnya lewat Google Play Store dan Appstore, sehingga langsung diinstall di smartphone. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan PLN Mobile:

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Terdapat dua pilihan yaitu masuk dengan login atau tanpa login. Pilihlah opsi tanpa login.
  • Pada tab menu pilih opsi ‘informasi’ kemudian ‘tagihan dan token listrik’
  • Input Nomor Meteran atau ID Pelanggan kemudian tekan ‘cari’
  • Nominal tagihan listrik akan ditampilkan beserta statusnya
Baca Juga  Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat HP Terbaru 2021

 

  1. Mengecek Tagihan Listrik Pasca Bayar Online via website

Selain PLN Mobile, pengecekan tagihan listrik bisa dilakukan menggunakan layanan berbagai website. Cekbill.com merupakan salah satu situs yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik.

Untuk mengecek tagihan listrik pasca bayar dengan cekbill.com sangat mudah. Tinggal masuk ke situs ini di browser masing-masing, baik itu dari browser PC atau Hp. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka situs cekbill.com
  • Input Nomor Meteran atau ID Pelanggan pada opsi Cek Tagihan Listrik PLN
  • Input kode captcha dan pilih ‘cek tagihan’
  • Nominal tagihan akan ditampilkan.
  1. Cara Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar Menggunakan layanan SMS PLN

SMS PLN menjadi salah satu layanan untuk mengecek tagihan listrik secara mudah dan cepat. Cukup gunakan aplikasi pesan di smartphone masing-masing.

Keunggulan mengecek tagihan via SMS PLN adalah tidak membutuhkan kuota internet. Cukup mengirim SMS seperti biasa, maka tagihan bulan depan bisa diketahui. Yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mengecek tagihan dengan sistem berlangganan ketik PLN (spasi) ON (spasi) nomor meteran atau ID Pelanggan. Lalu kirimkan ke nomor 8123.
  • Untuk mengecek tagihan cukup sekali saja dalam sebulan terakhir keti REK (spasi) nomor meteran atau ID Pelanggan. Lalu kirimkan ke nomor 8123.
  1. Mengecek Tagihan Listrik Pasca Bayar Menggunakan layanan panggilan Customer Service PLN

Cara mengecek tagihan listrik dengan menelepon customer service ini menjadi favorit sebagian besar orang. Karena tidak perlu repot-repot install aplikasi atau mengunjungi website tertentu.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan pulsa mencukupi. Kemudian ikuti tutorial ini:

  • Buka aplikasi telepon
  • Pada dial pad, input nomor area kemudian input nomor 123
  • Tekan ‘panggil’
  • Tunggu jawaban dari customer service
  • Setelah diangkat, ikuti langkah-langkah selanjutnya dari customer service
Baca Juga  Cara Cek ID Pelanggan PLN Online Jika Lupa

Itulah 4 macam cara cek tagihan listrik pasca bayar secara online maupun offline. Keempat cara di atas tentu sangat mudah untuk dipraktekkan. Pilihlah salah satu cara untuk pengecekan tagihan listrik pasca bayar dari keempat pilihan yang sudah disebutkan sesuai dengan kebutuhan.