cara cek nilai ut
Gambar : Bisnis.com

Bagaimana Cara Cek Nilai UT Online 2021? Ini Dia Tutorialnya

Sama seperti universitas pada umumnya, UT atau Universitas Terbuka juga mengadakan ujian guna mengetahui bagaimana nilai dari setiap mahasiswa yang mendaftar. Nilai tersebut nantinya akan tertera di ijazah masing-masing. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara cek nilai UT, berikut ini pembahasan selengkapnya.

Dengan dukungan pengecekan via online, memudahkan mahasiswa untuk mengecek kapan saja dan dimanapun. Yang dibutuhkan adalah koneksi internet dan smartphone atau PC. Tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan simak baik-baik langkah demi langkahnya.

Tutorial Cara Cek Nilai UT Online Yang Anti Ribet 

  1. Mengunjungi Website Resmi

Sebagai pembuka dari serangkaian cara cek nilai UT adalah Anda perlu mengunjungi website resmi yang dimiliki oleh Universitas Terbuka tempat Anda mengenyam pendidikan selama ini. Masukkan alamat www.ut.ac.id pada mesin pencarian untuk masuk pada halaman utama.

Di samping itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan nilai melalui alamat https://sia.ut.ac.id/daftarnilai. Di sini Anda akan mendapatkan informasi yang sama dengan ketika melakukan pengecekan menggunakan alamat www.ut.ac.id. Hanya saja data yang perlu Anda masukkan lebih lengkap. Pilih sendiri mana yang menurut Anda lebih mudah.

  1. Pilih Nilai Mata Kuliah

Apabila sudah berhasil masuk ke dalam situs resmi UT, maka langkah berikutnya adalah mengklik pilihan UT Online. Karena ingin mengetahui nilai, pilihlah opsi Nilai Mata Kuliah.

  1. Pilih Program Studi Anda

Sebelum bisa melihat nilai yang diperoleh, Anda harus memasukkan program studi apa yang diikuti. Di sini Anda hanya perlu mengklik pada pilihan yang ada sesuai dengan yang dijalani. Terdapat beberapa kategori diantaranya Diploma, Pascasarjana, dan Sarjana, di mana setiap kategori memiliki program studi yang bervariasi.

  1. Mengisi Data Diri dengan Lengkap

Ketika sudah berhasil masuk di halaman nilai ujian, Anda masih belum dapat melihat nilai, sebab harus mengisikan data diri terlebih dahulu. Data yang harus Anda isikan diantaranya tanggal lahir, nomor induk mahasiswa, serta memasukkan kode verifikasi yang ada pada layar. Lanjutkan cara cek nilai UT ini dengan menekan tombol tampilkan.

Baca Juga  Cara Membuat Kartu Kredit BRI yang Simple dan Mudah

Ketika menggunakan alamat https://sia.ut.ac.id/daftarnilai untuk melakukan pengecekan nilai, maka data yang harus Anda isikan tidak hanya data tersebut. Adapun data-data yang dimaksud yaitu MASA, tanggal lahir, nomor induk mahasiswa, serta kode yang tertera pada layar. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan langkah ini dengan menekan pilihan “cari”.

Supaya tidak salah melihat nilai, pastikan bahwa data yang Anda masukkan benar-benar data yang benar. Di samping itu, kode yang Anda tuliskan juga harus sama persis dengan yang tertera pada layar agar bisa melihat nilai.

  1. Anda Dapat Melihat Nilai Anda

Langkah sebelumnya merupakan cara yang bisa Anda lakukan secara online. Bagi Anda yang ingin memeriksa nilai dari ujian semester maupun ujian akhir, Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi website resmi UT dan memilih program pendidikan yang diikuti.

Pastikan bahwa data yang tertera pada layar memang benar data Anda. Anda bisa melihat identitas di bagian atas nilai-nilai yang ada. Jika sudah benar, maka Anda dapat mengamati bagaimana perolehan nilai Anda, apakah membutuhkan perbaikan atau hanya perlu peningkatan untuk mencapai target tertentu.

Bagaimana, tidak sulit bukan cara cek nilai UT tersebut? Kemudahan ini diharapkan mampu membantu setiap siswa untuk melihat perolehan nilainya. Dengan demikian, mereka tidak perlu repot-repot datang ke UT hanya untuk melihat berapa nilai yang mereka dapatkan.