Tahukah Kamu Asal Nama Galaksi Bima Sakti? Berikut Penjelasannya

Apa yang terbesit dipikirkanmu saat mendengar kata Bima Sakti? No. Bukan pemain bola asal tim persema malang ya. Bima Sakti merupakan nama nama galaksi yang kita huni saat ini loh (bumi). Nama galaksi sendiri berasal dari Indonesia, dan nama ini adalah sebuah nama planet bumi menurut warga Indonesia.

 

Namun, tahukah kamu asal muasal nama galaksi bisa Sakti tersebut? Yuk kita simak.

Mengutip beberapa sumber, ternya nama Bima Sakti dicetuskan pertama kali oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Kabarnya presiden pertama Indonesia itu terinspirasi nama bisa Sakti ketika ia melihat pemandangan Bima Sakti yang tampak seperti lukisan naga samudera yang membelit tubuh Bima ketika dia mengunjungi Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung.

Menurut IR.Soekarno, pusat Bima Sakti seperti menggambarkan bayangan hitam dan aura cemerlang menggambarkan tokoh pewayangan Bima, menurut Info Astronomi. Namun seperti diketahui, Galaksi Bima Sakti sebenarnya memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara.

Today I Found Out mengatakan bahwa tidak ada orang yang tahu pasti asalnya nama Milky Way. Dalam Bahasa lain, Milky Way juga memiliki nama lain yang berhubungan dengan cerita mitos asli setempat seperti di Finlandia dengan “Linnunrata” yang berarti “jalan burung”.

Dalam mitologi Finlandia, dunia terbentuk dari semburan telur yang mengalir. Langit adalah cangkang telur sedangkan Bumi seperti yang kita ketahui dipercaya datar. Tetapi, tidak semua Bahasa demikian. Beberapa bahasa memilih menerjemahkan Milky Way secara langsung dalam bahasanya seperti Jerman dengan “Milchstrasse” dan Norwegia dengan “Melkeveien”.