Ikan Hantu Pertama Di Dunia, Ini Spesiesnya

Hantu merupakan makhluk yang paling umum ditakuti manusia, meskipun tidak semua takut hantu yang berkuasa di bumi takut akan bentuk yang gambar atas sosok hantu tersebut. Namun, pernahkah kamu melihat ikan hantu?

Mungkin konyol, tapi ternyata spesies hantu tersebut ada loh guys, ikan hantu tersebut ditemukan di Monumen Nasional Laut Palung Marianas dan diberi nama ghost fish. Dilansir Livescience, ikan dalam keluarga Aphyonidae itu tertangkap kamera selama eksplorasi National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Pusatan di laut terdalam itu dilindungi sepanjang 246.608 kilometer persegi, di sebelah timur Filipina.

Menurut NOAA, ikan yang sangat langka ini berenang sepanjang punggung bukit 2.500 meter menuju ke bawah. Ikan hantu memiliki panjang 4 inci atau 10 sentimeter dengan tubuh transparan dan mata tanpa warna. Para peneliti mengungkap, tidak ada ikan dalam keluarga Aphyonidae yang pernah terlihat hidup. “Ini benar-benar temuan yang tidak biasa,” kata Bruce Mundy, ahli biologi ikan NOAA.

Aphyonidae merupakan keluarga dalam urutan Ophidiiformes. sebagian besar spesimen yang pernah ditemukan dalam keluarga Aphyonidae tidak sengaja tertangkap selama penjaringan atau operasi pengerukan. Shirley Pomponi, pemimpin tim peneliti biologi mengatakan, ikan hantu yang ditemukan tersebut terlihat seperti Falkor. Falkor adalah naga berwarna putih dari The Neverending Story. Ekspedisi NOAA merupakan bagian dari proyek tiga tahun untuk menjelajahi Monumen Nasional Kelautan di Pasifik.