Tahukah Kamu, Kenapa Mata Kucing Bersinar saat Malaml Hari?

Pernah kah kamu bertemu kkucing saat malam hari? Yang sudah. Pasti sudah tidak asing lagi dengan mata kucing yang bersinar saat malam hari, banyak yang bertanya, mengapa mata kucing bersinar sangat terang saat gelapnya malam? Untuk mengetahui itu yuk kita bahas di bawah ini.

Tahukah kamu , kucing ternyata adalah hewan yang cenderung aktif di malam hari (nokturnal). mungkin pada siang hari juga aktif tapi kabarnya kucing lebih aktif bergerak pada malam hari loh. Maka dari itu kucing memiliki keistimewaan pada indera penciuman dan pendengaran juga dengan penglihatan yang tak kalah baik.

dilansir Funsciencehub. mata hewan nokturnal seperti kucing mengandung zat yang disebut Tapetum Lucidum. Zat ini di belakang retina mata, dan sebenarnya lapisan jaringan. Sel-sel rentina Anda sejatinya diaktifkan oleh kehadiran cahaya. Alhasil, dalam cahaya, mata tidak bekerja dengan baik untuk melihat.

Sekarang dalam kasus seperti kucing, lapisan Tapetum Lucidum ini yang membangkitkan cahaya eksternal. Yang biasanya tidak cukup untuk melihat sedikit oleh Tapetim Kembali ke retina Luci untuk membangkitkan itu. Inilah sebabnya, mata kucing bersinar. Stimulasi yang mereka berikan membuat sel-sel retina menerima bahkan dalam situasi cahaya rendah, memungkinkan kucing untuk melihat.