Tahukah Kamu, Kenapa Mata Kucing Bersinar saat Malaml Hari?

Tahukah Kamu, Kenapa Mata Kucing Bersinar saat Malaml Hari?

Pernah kah kamu menjumpai kucing saat malam hari? Yang sudah. Pasti sudah tidak asing lagi dengan mata kucing yang bersinar saat malam hari, banyak yang bertanya, kenapa mata kucing bersinar sangat terang saat gelapnya malam? Untuk mengetahui itu yuk kita bahas dibawah ini.

Tahukah kamu, kucing ternyata adalah hewan yang cenderung aktif di malam hari (nokturnal). mungkin pada siang hari juga aktif tapi kabarnya kucing lebih aktif bergerak pada malam hari loh. Maka dari itu kucing mempunyai keistimewaan pada indera penciuman dan pendengaran juga dengan indera penglihatan yang tak kalah baiknya.

Dilansir Funsciencehub. mata hewan nokturnal seperti kucing mengandung zat yang disebut Tapetum Lucidum. Zat ini diposisikan di belakang retina mata, dan sebenarnya lapisan jaringan. Sel-sel rentina Anda sejatinya diaktifkan oleh kehadiran cahaya. Alhasil, dalam ketiadaan cahaya, mata tidak berfungsi dengan baik untuk melihat.

Sekarang dalam kasus seperti kucing, lapisan Tapetum Lucidum ini yang merangsang cahaya eksternal. Sedikit cahaya, yang biasanya tidak cukup untuk Anda melihat tercermin oleh Tapetim Lucidum kembali ke retina untuk merangsang itu. Inilah sebabnya, mata kucing bersinar. Stimulasi yang mereka berikan membuat sel-sel retina menerima bahkan dalam situasi cahaya rendah, memungkinkan kucing untuk melihat.

Baca Juga  Apa Sih Uranium? Berikut Penjelasan Lengkapnya