Perbedaan Hapus Data & Hapus Cache Di Android

Untuk kamu yang memiliki ponsel lemot tentu saja tak asing dengan hapus data dan halus cache. Karena jika kalian menghapus keduanya bisa meringankan kembali ponsel kamu. Karena di dalam aplikasi terdapat sampah dan juga data di dalamnya.

 

Namun, tahukah kamu perbedaan dari hapus data dan hapus cache tersebut? Yuk kita simak bersama dibawah ini.

 

Hapus Data Aplikasi

Perbedaan Hapus Data & Hapus Cache Di Android
Sumber gambar: boombastis

Menghapus data aplikasi merupakan langkah paling serius dibandingkan dengan menghapus cache. Karena menghapus data akan membersihkan data aplikasi sehingga akan menghapus pengaturan yang telah dibuat.

Ini berarti menghapus data aplikasi merupakan langkah untuk mengembalikan aplikasi ke dalam kondisi pertama kali diunduh. Dengan begitu, pada saat Anda membukanya kembali, maka aplikasi yang terhapus datanya akan meminta Anda untuk melakukan log in.

 

Hapus Cache

Perbedaan Hapus Data & Hapus Cache Di Android
Sumber gambar: bukan android

Cache merupakan area penyimpanan sementara dari sebuah perangkat yang berisi beragam data. Fungsinya ialah untuk mempercepat pemrosesan dalam menjalankan suatu pengoperasian. Misalnya membuka satu aplikasi. Sehingga hanya memerlukan konsumsi dan proses data yang singkat.

Di saat sebuah aplikasi terasa memiliki kejanggalan dan berhenti bekerja, menghapus cache bisa jadi membantu untuk menghapus data-data yang menumpuk. Saat menghapus data yang tersimpan dalam cache, Anda sebenarnya hanya menghapus data temporer yang ada di dalamnya. Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi solusi efektif untuk masalah Android. Selain itu menghapus cache juga tidak menjadi jaminan untuk bisa meningkatkan performa karena aplikasi secara temporer akan makin melambat seiring dengan frekuensi penggunaan.