Fantastis! Memainkan Alat Musik Kini Bisa Dilakukan dengan Pikiran

Perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat, membuat para ilmuwan melakukan terobosan baru dan membuat sebuah penelitian yang luar biasa, karena pada baru baru ini kabarnya para ilmuwan dunia menemukan sebuah inovasi yang dapat membuat manusia dengan mudah memainkan alat musik.

Para ilmuwan hebat tersebut telah melakukan penelitian yang hasilnya adalah manusia dapat memainkan alat musik hanya dengan kekuatan pikiran saja, karena sebelumnya mereka telah melakukan penelitian dengan 15 peserta sehat. Untuk bekerja di Encephalophone, mereka memasang sebuah topi yang bisa mengukur sinyal listrik di otak. Dalam kasus ini, topi tersebut merekam dua jenis sinyal otak.

Tanpa latihan, semua peserta bisa memainkannya dengan mudah. Topi itu lebih akurat saat peserta mencoba mengendalikannya dengan menutup mata mereka.

Dikutip dari The Verge, Sabtu Encephalophone diharapkan bisa menjadi alat yang digunakan dalam rehabilitasi. Musik sudah digunakan untuk membantu orang mendapatkan kembali fungsi otak dan instrumennya bisa digunakan dalam jenis terapi ini.

Saat ini, para peneliti ingin membuat Encephalophone lebih canggih dan mampu menghasilkan suara yang lebih luas. Selanjutnya, mereka akan menguji seberapa banyak orang bisa memperbaiki diri dengan pelatihan dan memulai uji coba klinis penyandang disabilitas akhir tahun ini.

Instrumen yang disebut Encephalophone dijelaskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Human Neuroscience. Para peneliti berharap pada suatu hari interface brain-computer bisa membantu penderita gangguan motorik.