Kenapa Kutub Membeku? Ini Alasannya

Kenapa Kutub Membeku? Ini Alasannya

Jika berbicara mengenai kutub. Tentu saja kamu bakal langsung ingat dengan kunti utara dan selatan yang selalu diselimuti salju abadi, daerah kutub merupakan kawasan paling dingin di dunia karena seluruh permukaannya diselimuti salju yang sangat tebal.

Meskipun merupakan daerah yang sangat dingin di dunia, ternyata masih ada loh manusia yang tinggal disana. Namun tahukah kamu mengapa seluruh permukaan di daerah kutup itu membeku? Apa alasannya? Yuk kita bahas dibawah ini.

Salah satu alasan yang membuat Kutub terus membeku adalah adanya efek dari penyinaran matahari. Energi yang diterima kawasan Kutub dari matahari sangatlah sedikit. Bahkan, matahari juga memiliki sudut yang berbeda-beda dalam menyinari sejumlah kawasan yang ada di bumi akibat adanya rotasi.

Cahaya matahari sendiri berada lebih besar pada kawasan ekuator. Energi panas yang diterima di beberapa lokasi di Bumi merupakan dampak langsung dari besarnya sudut penyinaran matahari yang dikenal sebagai iklim. Energi panas tidaklah sama dengan energi matahari. Di mana energi panas merupakan energi radian yang ditransmisikan oleh matahari ke bumi dalam bentuk energi panas ke atmosfer. Sedangkan energi cahaya matahari adalah energi yang berasal dari matahari langsung.

Kawasan Kutub sendiri menjadi kawasan yang paling sedikit untuk mendapatkan cahaya matahari. Karena itulah, suhu yang ada di kawasan Kutub mengalami penurunan secara drastis hingga masuk ke minus. Akibatnya kawasan tersebut menjadi dingin dan dipenuhi salju.

Pada bagian belahan bumi utara, matahari hanya bersiar selama enam bulan, yakni pada saat musim panas. Sedangkan pada musim dingin, matahari tidak akan terlihat, hal itulah yang membuat kawasan tersebut menjadi gelap selama enam bulan. Hal itu juga yang menjadi penyebab kawasan ini diselimuti oleh es.

Baca Juga  Fenomena Salju Berwarna Pink, Indah Atau Pertanda Bahaya?

Meskipun kawasan Kutub dipenuhi dengan es, air yang ada di kawasan tersebut tidak akan membeku. Hal ini disebabkan oleh suhu hangat yang ada di lapisan bumi. Sehingga membuat air yang ada di kawasan terdingin di bumi tersebut tidak akan membeku.