Fantastis! Planet Jupiter Bisa Tampung 1.300 Planet Bumi

Fantastis! Planet Jupiter Bisa Tampung 1.300 Planet Bumi

Bumi merupakan planet yang dihuni manusia, dan merupakan planet yang sangat besar. Namun tahukan kamu ternyata seberapa besarnya planet bumi sama sekali tak sebanding dengan ukuran planet Jupiter yang sangat besar dibandingkan bumi.

Kabarnya, saking besarnya planet Jupiter, Jupiter bisa menampung 1.300 Planet Bumi loh, kepikiran dong berapa luasnya planet tersebut. Planet Jupiter juga dikenal sebagai ‘King of the Planet’. Ukurannya bahkan lebih masif dibanding gabungan planet lainnya.

Planet bumi adalah planet tersetrial terbesar hanya segelintir bagian jika dibandingkan dengan raksasa Jupiter. Karena perbedaan ukuran keduanya, orang sering bertanya-tanya berapa perbandingan Bumi hingga cukup di Jupiter. Dan hasilnya, ukuran Bumi bisa ribuan kali untuk memenuhi Jupiter.Massa

 

Perbandingan Ukuran dan Massa

Dilansir Universe Today, secara umum, Jupiter memiliki radius rata-rata 69,911 ± 6 km (60217,7 ± 3,7 mi). Ukuran tersebut kira-kira 2,5 massa semua planet di Tata Surya digabungkandigabungkan. Sementara itu, radius rata-rata Bumi 6.371,0 km. Artinya radius Bumi jika dibandingkan dengan Jupiter hampir 11 kali lipat atau tepatnya 10.97.

Seperti diketahui, Jupiter lebih besar ketimbang planet lain di Tata Surya dengan perbandingan 2,5 kali lebih besar. Faktanya, Jupiter memiliki berat 1.8986 × 1.027 kg atau 1.898,6 miliar triliun metrik ton.

Di sisi lain, Bumi memiliki massa 5,97 × 1024 kg atau setara 5,97 miliar triliun metrik ton. Dengan melakukan perhitungan, dapat ditarik kesimpulan bahwa Jupiter kira-kira 317,8 kali lebih besar dari Bumi.

 

Perbandingan Volume

Perhitungan radius hanya berguna untuk mengukur ujung Bumi dan berakhir di tengah-tengah planet raksasa gas itu. Dengan membandingan massa mereka, akan nampak bagaimana planet secara luas berbeda dalam hal kepadatannya. Untuk mengetahui berapa banyak Bumi yang benar-benar bisa muat di dalam tiga dimensi, manusia harus mempertimbangkan volume total yang dapat dihitung dengan menggunakan rumus sederhana.

Baca Juga  3 Fakta Keren Uranus, Planet Terdingin di Sistem Tata Surya