3 Hewan dengan Gigi Terbanyak di Dunia, Apa Saja?

Jika kita berbicara mengenai gigi hewan pasti kamu akan menjawab gigi buaya dan singa merupakan gigi yang terkuat, ya. Memang kedua binatang buas tersebut memiliki gigi yang akan mengunyah apa pun dengan mudah bahkan banyak kasur dikabarkan buaya memakan dengan mudah tubuh hewan yang jauh lebih besar darinya.

 

Terlepas dari gigi hewan buas tersebut, tahukah kamu hewan apa saja yang memiliki gigi terbanyak di dunia? Yuk kita bahas dibawah ini.

 

Lumba-Lumba

Hewan lucu dan pintar ini ternyata memiliki 80-100 gigi dalam mulutnya, contohnya lumba-lumba hidung botol Atlantik. Sedangkan lumba-lumba umum (Delphinus delphis) yang memilik lengan pendek hanya memiliki 50-60 gigi di setiap rahangnya. Jika di jumlahkan, gigi lumba-lumba umum berjumlah sekira 100-120 gigi dalam mulutnya. Meski lumba-lumba memiliki jumlah gigi yang banyak, tidak semua lumba-lumba menggunakan seluruh giginya untuk mengunyah atau menghancurkan makanannya.

 

Armadillo Raksasa

Armadillo Raksasa
Sumber gambar: hitekno

Armadillo raksasa merupakan mamalia yang memiliki tubuh pelindung seperti baju tempur dan masih masuk dalam keluarga aardvark atau beruang semut, Tamandua atau trenggiling pemakan semut, lebah, dan rayap, serta kukang. Armadillo raksasa memiliki berat tubuh sekira 32 kilogram dan panjangnya mencapai 1,5 meter. Hewan ini sendiri memiliki 80-100 gigi dalam mulutnya yang digunakan untuk memakan larva, siput, dan cacing.

 

Siput

Siput
Sumber gambar: liputan 6

Siapa sangka makhluk kecil yang sering manusia temui ini memiliki hingga 15.000 gigi dalam mulut kecilnya. Gigi siput tidak memiliki fungsi seperti gigi makhluk hidup lainnya.

Siput memiliki gigi mikroskopis yang memiliki struktur seperti lidah yang membantu makanan untuk turun ke bagian perut secara perlahan. Selain itu gigi mikro siput dan keluarganya seperti keong dan lintah, digunakan untuk mengikis bebatuan, tumbuhan, bahkan untuk mengatur diri dari hewan lain yang mengambil makanannya.