Memperkuat Sinyal GPS Bagaimana Cara Melakukannya dengan Mudah?

Memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan sebagian besar orang. Di mana sinyal GPS memang seringkali menjadi masalah serius. Sekali yang mengeluhkan perihal kenapa jaringan GPS tersebut sangat lemah sehingga tidak begitu akurat.

GPS sendiri adalah singkatan dari global positioning system di mana orang-orang menggunakannya untuk melacak keberadaan perangkat yang ditunjukkan sebuah peta. Biasanya masalah sinyal tersebut sering dikeluhkan oleh para driver atau orang-orang yang memang pekerjaannya mencari alamat rumah seperti kurir, tukang pos dan lain-lain.

Memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya dengan mudah namun benar-benar meningkatkan kecepatan kinerja global positioning system itu sendiri bisa dikatakan gampang-gampang susah. Padahal memiliki sinyal global positioning system yang baik bisa memberikan akses untuk menemukan lokasi yang tepat, akurat dan cepat.

Bayangkan saja ketika kamu ingin pergi ke sebuah tempat namun tempat tersebut belum pernah dikunjungi dan di tengah jalan tiba-tiba sinyal GPS menghilang. Kamu pasti merasa bingung, apakah ingin meneruskan perjalanan atau malah membatalkannya. Namun tenang saja ada beberapa solusi saat sinyal global positioning system tersebut lemah.

Memperkuat Sinyal GPS Bagaimana Cara Melakukannya dengan Mengaktifkan Mode Akurasi Tinggi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal global positioning system adalah mengaktifkan mode akurasi tinggi. Mode akurasi tinggi tersebut berfungsi untuk smartphone memacu GPS agar bekerja semaksimal mungkin. Namun perlu diingat ketika mengaktifkan mode akurasi tinggi maka baterai akan cepat habis.

Jadi cek terlebih dahulu bagaimana kondisi baterai jika ingin mengaktifkannya dan disarankan selalu membawa powerbank sebagai cadangan. Namun untuk pertanyaan mengenai memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya sangatlah efisien dengan aktifkan mode akurasi tinggi.

Kekurangan mengaktifkan mode ini juga tetap worth it untuk dicoba apalagi fitur tersebut memang fitur bawaan dari smartphone dan kamu bisa menggunakannya dengan gratis. Kamu juga tidak perlu mendownload aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan mode tersebut.

Caranya juga mudah namun perlu diingat bahwa setiap smartphone memiliki cara yang berbeda, namun cara yang akan kami bahas ini adalah cara paling umum. Bahkan hampir semua merk smartphone bisa menggunakan atau menerapkan cara ini, jadi kamu bisa mencobanya terlebih dahulu atau mencari opsi yang kurang lebih sama yaitu:

  1. Cari notifikasi atau icon GPS
  2. Tekan dan tahan ikon tersebut nantinya kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan
  3. Lalu aktifkan global positioning system setelah itu pilih mode akurasi tinggi
  4. Centang opsi mode akurasi tinggi

Memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya akan terjawab dengan mengaktifkan mode akurasi tinggi tersebut. Kamu juga bisa masuk ke pengaturan. Cari opsi lokasi atau GPS kemudian kamu bisa mengaktifkan pilihan akurasi tinggi. Centang saja opsi tersebut nanti GPS akan kembali akurat dengan sinyal yang kuat.

Cek Koneksi Jaringan Internet dan GPS

Sebenarnya permasalahan global positioning system berhubungan erat dengan kecepatan dan kestabilan jaringan internet yang kamu gunakan. Sehingga sebaiknya kamu mengecek bagaimana koneksi jaringan internet dari provider. Ketika jaringan internet tersebut tidak stabil maka tentu saja GPS juga ikut tidak stabil dan sinyalnya ikut melemah.

Namun ketika koneksi internet baik-baik saja atau lancar-lancar saja namun sinyal GPS masih lemah, kamu bisa mencari cara lain. Coba juga untuk mengecek bagaimana kekuatan sinyal global positioning system apakah bermasalah atau tidak. Karena, biasanya GPS ditandai dengan simbol berwarna biru dan kamu tidak akan menemukan tentang jarak berbentuk lingkaran mengelilingi simbol.

Namun jika kamu menemukan rentang jarak seperti lingkaran tersebut maka, artinya smartphone kamu tidak bekerja dengan baik dan gps akan menerka-nerka posisi kamu yang masih berada dalam cangkupan lingkaran tersebut. Ketika sinyal internet lancar-lancar saja namun global positioning system lemah sebaiknya kamu menggunakan connection stabilizer booster.

Memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya bisa terjawab dengan solusi yang satu ini yaitu kamu perlu mendownload atau menginstal aplikasi connection stabilizer booster di play store. Download dan instal aplikasi seperti biasanya namun perlu dipahami bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan ketika data seluler kamu aktif.

Gunakan Aplikasi Tambahan atau Aplikasi Pihak Ketiga

Di era digital seperti saat ini tentu saja bukan hal baru jika kamu bisa mendownload aplikasi tambahan lainnya untuk membantu memperlancar fungsi dari smartphone. Jadi tidak masalah jika kamu mendownload beberapa aplikasi yang nantinya bisa menunjang keperluan apapun kamu termasuk meningkatkan sinyal GPS.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah GPS Bustar di Google play store seperti pembahasan di atas. Biasanya kamu akan menemukan aplikasi bernama activeGPS. Aplikasi ini sangat berguna untuk meningkatkan sinyal dan cara menggunakannya juga simple dari segi tampilan maupun navigasi mudah dipahami.

Jadi kamu tinggal buka aplikasi play store atau app store tergantung smartphone kamu apakah berbasis iOS atau Android, kemudian cari aplikasi tersebut. Download kemudian install pada smartphone dan ikuti petunjuk pada aplikasi karena setiap smartphone memiliki tampilan yang berbeda.

Pertama kali memakai aplikasi ini, untuk menjawab pertanyaan memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya, kamu tinggal menunggu proses instalasi selesai kemudian aktifkan GPS pada smartphone. Buka aplikasi activeGPS tersebut dan pilih start service, nantinya akan ditanyakan apakah kamu memberikan akses GPRS lalu klik setuju.

Tips Simple Lainnya Agar GPS Bekerja

Terkadang tanpa disadari kenapa GPS tiba-tiba melemah atau tidak bekerja dengan baik, dikarenakan masalah sepele misalnya seperti lupa mengaktifkan GPS atau mode hemat daya juga sedang aktif. Artinya CPS apa non aktif secara otomatis. Kamu perlu mengecek pengaturan mode hemat daya dan mengubahnya.

Jika tidak bisa, maka kamu mendownload aplikasi pihak ketiga yaitu GPS connected di mana aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui playstore. Aplikasi ini dapat membuat GPS akan selalu dalam keadaan aktif. Jangan lupa melakukan refresh di mana biasanya ketika GPS digunakan terlalu lama maka akan crash atau terjadi kerusakan pada sistem.

Tidak ada salahnya jika kamu merefreshnya yaitu dengan cara mematikan GPS dan lalu menyalakan kembali. Bahkan cara simpel tersebut juga cukup menjawab pertanyaan memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya. Kamu akan merasakan perbedaannya bisa jadi sensor GPS akan lebih sedikit sensitif dibanding sebelumnya.

Kamu juga perlu mencari masalah pada GPS, cari tahu apa yang membuat sinyalnya lemah apakah benar-benar ada masalah, entah itu masalah hardware atau software. Jadi jika mendapat kerusakan dari sistem kamu hanya perlu menginstal ulang dan tidak hanya sesekali saja GPS yang direstart.

Kamu juga perlu merestart smartphone karena biasanya ada gangguan yang terjadi pada smartphone karena kamu tidak pernah merestart smartphone itu sendiri. Bahkan cara simple tersebut bisa mengembalikan GPS menjadi lebih fresh sehingga bisa digunakan kembali secara maksimal.

Jadi cobalah cara-cara di atas terlebih dahulu namun jika masih belum berhasil dan kamu memiliki budget lebih maka tidak ada salahnya membeli eksternal GPS receiver. Alat tersebut bisa membantu meningkatkan sinyal GPS dengan mudah bahkan kamu tidak akan mempertanyakan kembali memperkuat sinyal GPS bagaimana cara melakukannya.