Aplikasi CCTV Jalan Raya Online Gratis

  • 2 min read
  • Mei 07, 2020
aplikasi cctv jalan raya online gratis

Aplikasi CCTV jalan raya kini dapat diakses secara online. Aplikasi ini akan membantu kita dalam memantau situasi terupdate di jalan raya.

Saat ini keadaan sedang tidak menentu, terutama karena adanya wabah corona. Salah satunya adalah situasi jalan raya yang terkadang mengalami penutupan dan lain hal.

Dengan menggunakan aplikasi CCTV online, para pengendara dapat berkendara dengan lebih lancar. Pengemudi yang hendak bepergian dapat mengecek terlebih dahulu keadaan jalan raya apakah macet atau tidak.

Sejak pemberlakuan E-tilang, penggunaan CCTV atau kamera di jalan raya telah dioperasikan secara massal di seluruh titik perhentian lalu lintas.

Sebagai pengguna jalan raya, penting untuk mendapatkan informasi terbaru dari jalur transportasi yang digunakan dengan memantaunya melalui CCTV online jalan raya yang dikembangkan oleh pihak Kepolisisan Indonesia.

1. NTMC

National Traffix Management System adalah aplikasi pemantauan lalu lintas yang dikembangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Melalui aplikasi ini, kita dapat melihat kondisi yang sedang terjadi di persimpangan jalan, lampu lalu lintas, dan lokasi strategis lainnya.

Hingga kini, NTMC telah terhubung dengan berbagai CCTV di seluruh tanah air.

2. LewatMana

Pemantauan lalu lintas yang dilakukan LewatMana adalah berupa live streaming. Situasi yang disoroti biasanya adalah jalan biasa bukan jalan tol.

Aplikasi CCTV ini dapat diakses oleh pengguna Android. Hingga saat ini layanan ini telah memiliki lebih dari 400 kamera yang saling terkoneksi dan mengalami pertambahan jumlahnya seiring bertambahnya waktu.

Untuk sementara, CCTV online ini masih terhubung di beberapa wilayah saja seperti Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Namun, rencana ke depannya adalah untuk menambah koneksi ke berbagai wilayah di Indonesia.

 

3. RTTMC

Road Transport Traffic Management Center adalah aplikasi pemantau lalu lintas yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Indonesia dan bekerjasama dengan POLRI.

Aplikasi ini melayani SMS pengguna yan ingin melaporkan keadaan terkini. Pengguna dapat melapor di nomor call centernya yaitu 0813 800 6 8000.

RTTMC memiliki website yang menampung semua informasi yang dilaporkan oleh pengguna jalan. Website RTTMC juga menyediakan peta dan jalur mudik bagi para pemudik.

Walaupun memiliki situs website, RTTMC tetap dapat dioperasikan di smartphone. Pengguna dapat mengunduhnya melalui Google Play dan App Store.

4. JasamargaLive

Aplikasi ini pas sekali untuk pengendara yang sering menggunakan jalan tol. Pengemudi kendaraan dapat mengakses infromasi dan situasi terkini melalui CCTV JasamargaLive.

JasamargaLive memiliki website yang tidak hanya berisi streaming kondisi jalan saja. Beberapa fitur lain yang disajikan yaitu seperti info lalulintas, call center, tarif tol, dan twitter.

Penggunaan aplikasi JasamargaLive sangatlah mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol pilihan lokasi yang ingin dilihat. Kemudian, aplikasi akan menampilkan situasi lokasi yang dipilih saat itu.

5. smartcity.jakarta.go.id

Nah, ini adalah situs online khusus untuk penduduk wilayah Jakarta. Ibukota kita Jakarta telah identik dengan kehidupan macet yang telah menjadi rutinitas warganya.

Namun, sejak diberlakukannya E-tilang awal tahun 2020, pengemudi harus menjadi lebih waspada dalam berkendara.

Dengan mengakses smartcity.jakarta.go.id, pengguna dapat memantau informasi terkini lalulintas Jakarta beserta dengan petanya. Peta yang ditampilkan akan menunjukkan titik-titik kemacetan.

Nah, itulah beberapa aplikasi CCTV online yang dapat diakses secara gratis oleh para pengguna jalan. Penting untuk mulai menggunakan layanan CCTV mengingat saat ini pemberlakuan tilang didasarkan pada rekaman CCTV. Tetap waspada dalam berkendara dan jangan lupa untuk berkendara dengan bijak.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *