Aplikasi Jual Beli Barang Bekas Online

  • 2 min read
  • Mei 09, 2020
aplikasi jual beli barang bekas online

Barang bekas seringkali menganggu kebersihan dan kerapian rumah kita semua. Namun, jika barang bekas tersebut bisa dijual melalui aplikasi jual beli barang bekas online tentu akan sangat menarik.

Saat ini banyak sekali pemilik barang bekas baik yang baru maupun yang sudah lama kebingungan untuk meletakkan barangnya. Akan sangat sayang jika kondisi barang masih bagus dan belum lama dipakai harus tergeletak begitu saja.

Ketika kita mendengar kata “barang bekas”, seringkali terbayangkan barang yang kotor dan sudah usang. Kalau seperti itu, bagaimana peluang jual beli barang bekas online?

Siapa saja sih yang berminat membeli barang bekas? Tentu, pada zaman sekarang barang bekas tidak melulu barang yang memiliki kualitas rendah dan sudah kotor atau usang.

Siapa sih calon pembeli atau penjual barang bekas online ini? Calon pembeli bisa bermacam-macam tergantung pada latar belakang dan alasan membelinya.

Salah satu alasan logis membeli barang bekas online pada saat ini adalah, kita dapat memperoleh barang yang kita inginkan dengan harga yang lebih murah dan kondisi yang masih baik.

Terutama jika barang yang dicari adalah gadget atau barang elektronik. Barang elektronik seperti HP seringkali mengeluarkan seri terbarunya dalam jangka waktu yang singkat.

Akibatnya, beberapa orang yang baru saja membeli HP akan memilih untuk menukarkan HP nya dengan versi yang lebih baru. Dan tidak jarang mereka menjualnya secara online dengan harga yang sedikit lebih rendah.

Nah, dari contoh tersebut tentu sekarang kita sudah mendapatkan gambaran seperti apakah aplikasi jual beli online bukan? Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi jual beli barang bekas online.

1. OLX

Aplikasi OLX telah beroperasi selama 14 tahun di Indonesia sebagai aplikasi jual beli barang tak terpakai. Saat ini ada lebih dari 700 penjual dalam satu bulan.

Barang-barang yang bisa dijual di OLX beraneka ragam mulai dari alat elektronik hingga mobil dan rumah. OLX menyediakan kategori barang untuk mempermudah pengguna dalam berjual beli online.

Situs yang dulunya bernama Toko Bagus ini mempermudah penjual dan pembeli untuk mencari barang sesuai dengan lokasi tempat tinggal mereka.

OLX saat ini adalah situs jual beli barang bekas online terbesar di Indonesia. Situs ini telah tersebar di 106 negara dan 40 versi bahasa.

2. Carousell

Aplikasi ini terkenal sebagai situs jual beli barang bekas online

dengan kualitas yang cukup bersaing. Barang yang bisa ditemukan di aplikasi ini sangat beragam mulai dari fesyen wanita, fesyen pria, alat kecantikan, elektronik, dll.

Aplikasi asal Singapura ini dapat diakses oleh user melalui website maupun mobilephone. Untuk bisa berjualan, pengguna harus membuat akun di Carousell terlebih dulu.

Bagi penjual, Carousell akan meminta deskripsi detil yang dapat menginformasikan status barang apakah baru atau bekas, lama waktu pemakaian (jika bekas), ukuran barang, dll.

 

3. Locanto

Aplikasi satu ini berbeda dari beberapa aplikasi sebelumnya. Locanto adalah aplikasi jual beli barang bekas online dalam skala internasional.

Artinya, orang Indonesia pun dapat membeli maupun menjual barang ke luar negeri. Aplikasi ini tersedia di PlayStore dan dapat diunduh secara gratis.

4. eBay

eBay juga sama seperti Locanto yang memberikan akses kepada pengguna di Indonesia untuk berjual beli barang bekas online dalam skala internasional.

Fitur kupon juga tersedia di aplikasi ini untuk memberi potongan harga barang. eBay memiliki website resmi khusus untuk wilayah Indonesia yaitu ebay.blanja.com/m/id/.

5. Prelo

Prelo merupakan industri e-commerce yang menawarkan barang preloved dengan kualitas asli atau ‘no KW’ di Indonesia.

Untuk menjamin visi tersebut, Prelo telah menyediakan algoritma khusus yang mampu mengidentifikasi produk yang mencurigakan. Hal tersebut dilakukan Prelo untuk menghormati ide dan inovasi suatu produk atau merk.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *