Volume License Service Center, Informasi yang Wajib Kamu Ketahui

Volume License Service Center, Informasi yang Wajib Kamu Ketahui

Jika kamu adalah seorang pengguna produk Microsoft maka kamu harus mengetahui detail informasi terkait Volume License Service Center (VLSC). Istilah tersebut dikenal sebagai hal yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu dalam meningkatkan kinerja melalui aplikasi atau fitur yang tersedia secara gratis untuk didownload.

Sebagaimana yang kamu ketahui bahwa di Indonesia produk Microsoft hampir digunakan oleh seluruh pengguna laptop. Produk yang sudah lama hadir ini tidak pernah sirna kehadirannya di kalangan masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga mereka yang sudah bekerja.

Hal ini karena software yang digunakan sangat mudah untuk dimanfaatkan dan membantu pekerjaan dengan sangat baik. Namun, tahukah kamu jika mendownload software tersebut ternyata harus memiliki Volume License Service Center agar kamu bisa menikmati dalam jangka panjang?

Seperti yang sudah terjadi pada umumnya bahwa semakin banyak digunakan maka semakin tinggi kemungkinan produk tersebut dijual dengan cara murah. Padahal setiap software yang didownload dari hasil produk retail maka akan ada perbedaan dari segi performa dan update yang diterima.

Apa itu Microsoft Volume Licensing?

Hal pertama adalah kamu harus mengetahui apa itu Volume License Service Center. VLSC adalah sebuah situs resmi oleh Microsoft yang bisa kamu gunakan untuk mendownload juga menginstall perangkat lunak guna melengkapi kesempurnaan performa gadget kamu seperti laptop yang sering kamu gunakan untuk bekerja.

Jika menggunakan VLSC maka pada situs Microsoft kamu tidak hanya akan dapat mendownload secara gratis atau memesan perangkat lunak yang disediakan oleh Microsoft tetapi juga akan mendapatkan kunci aksesnya. Kunci akses tersebut akan berguna untuk membuat kamu mendownload secara cuma cuma.

Pada Volume License Service Center ada beberapa jenis software yang bisa kamu download secara gratis. Hal ini tentu sangat cocok dan bermanfaat bagi kamu yang saat ini berkecimpung dalam sebuah organisasi nonprofit dan sebuah Yayasan. Namun juga disesuaikan dengan jumlah lisensi yang diperoleh tiap Yayasan dan organisasi.

Software pertama yang dapat kamu download secara gratis adalah Office Multi-Language Packs. Software ini akan memberikan kamu satu paket office yang memiliki banyak bahasa melalui Asuransi Software. Selanjutnya kamu juga bisa mendapatkan service packs secara gratis yang merupakan revisi terupdate dari sebuah software.

Kelebihan kamu ketika sudah memiliki VLSC maka kamu juga bisa mendownload software software terdahulu dari versi sebelumnya. Hal ini akan memberikan benefit yang sangat baik bagi organisasi dan Yayasan kamu. Seperti yang sudah diketahui bahwa harga software resmi keluaran Microsoft tentu sangat mahal harganya.

Namun, kamu perlu memperhatikan apabila terdapat beberapa produk software yang ditawarkan dan tidak ada dalam daftar download, maka segera untuk konsultasi dengan hak penggunaan produk. Hal ini untuk memastikan apakah produk tersebut tersedia atau tidak dan diizinkan atau tidak sesuai dengan akses kamu.

Cara Mendownload Software yang Tersedia di VLSC

Cara ini akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah memiliki Volume License Service Center. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus login pada akun VLSC kamu. Kemudian pilih fitur download dan keys dari bar navigasi yang tersedia. Ketika memilih fitur tersebut maka semua produk dalam donasi kamu akan muncul.

Selanjutnya carilah produk yang ingin kamu download. Klik pada pilihan download yang berhubungan dengan produk tersebut. Akan ada pilihan pada beberapa metode download, bahasa, dan juga jenis operasi. Pilihlah sesuai dengan yang kamu inginkan atau kamu bisa memilih salah satu rekomendasi oleh Microsoft yaitu download manager atau browser web.

Pilihan yang tepat akan menghasilkan kinerja yang sesuai. Namun jika memilih yang sesuai dengan rekomendasi Microsoft seperti download manager, maka kamu perlu mendownload aplikasi tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa klik download pada panah bawah ikon yang berada tepat di bawah produk kamu.

Kemudian akan muncul pilihan lokasi penyimpanan. Simpanlah ditempat yang kamu gampang untuk mengingatnya. Ulangi Langkah yang sama untuk mendownload file lainnya. Jika menggunakan download manager maka aplikasi akan terbuka dan proses mendownload akan dimulai.

Pada download manager kamu kan dengan gampang melihat kemajuan dan status di bagian atas jendela. Kapanpun kamu ingin menjeda, merestrat, dan melanjutkan di lain waktu dapat kamu lakukan di bagian pilihan yang tersedia. Sehingga penggunaan download manager sangat bermanfaat di kemudian hari.

Beberapa produk akan membutuhkan kode instalansi yang harus kamu masukkan. Kode akan muncul setelah halaman Volume License Service Center download sudah selesai pada proses mendownload. Maka masukkan kode instalansi yang sesuai agar kamu selanjutnya bisa menggunakan software tersebut.

Panduan dalam Penggunaan Produk VLSC

Jika kamu adalah bagian dari pelanggan setia lisensi Microsoft maka membaca buku panduan baik online ataupun offline sangat penting bagi kamu. Hal ini juga sangat membantu apabila kamu tidak berpengalaman dalam bidang mengoperasikan suatu software sehingga menghindari terjadinya kerusakan.

Microsoft sendiri sudah merilis panduan resmi yang dapat digunakan sebagai pusat Volume License Service Center. Pada panduan tersebut secara lengkap akan dijelaskan Langkah langkahnya. Tidak hanya cara menggunakannya, informasi terkait detail akun, unduhan produk dan lainnya juga bisa kamu temukan disana.

Kamu dapat menyederhanakan proses pengelolaan beberapa nomor lisensi, juga email bisnis valid dan ID untuk akun Windows live yang berguna untuk pendaftaran. Langkah Langkah yang diberikan akan memudahkan kamu juga dalam melacak serta mengelola beberapa nomor lisensi yang diberikan pihak Microsoft.

Selain itu Volume Lisence Service Center juga berisi panduan program yang diberikan oleh Microsoft terkait lisensinya, juga panduan layanan online, dan informasi terkait pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) yang akan membantu kamu jika ketika menggunakannya muncul beberapa pertanyaan di benak kamu.

Perbedaan Produk VLSC dengan Produk Lainnya

Beberapa dari kamu sudah mengetahui bahwa produk Microsoft harganya tidak murah. Hal ini karena produk resmi tersebut didesain sebagus mungkin untuk menunjang kecepatan pekerjaan kamu di kehidupan sehari hari. Namun ternyata masih terdapat produk retail yang bisa kamu dapatkan secara murah bahkan tanpa biaya.

Produk retail atau produk eceran adalah software dari Microsoft yang akan dijual kepada kamu dalam bentuk satuan. Padahal jika kamu memiliki Volume License Service Center maka kamu akan diberikan beberapa penawaran terkait paket yang kamu beli sesuai dengan harga yang kamu berikan.

Namun, bagaimana cara membedakan antara produk retail dengan produk asli Microsoft? Ada beberapa produk yang hanya bisa kamu dapatkan secara resmi dari VLSC, jika beberapa pihak mengaku menjual produk tersebut maka sudah dapat dipastikan bahwa produknya akan palsu.

Selanjutnya terdapat perbedaan konfigurasi yang berbeda pada beberapa aplikasi di desktop khususnya Office. Jika kamu membeli produk retail maka kamu tidak bisa menggunakan versi yang lebih lama, dan bahasa yang digunakan juga terbatas serta tidak bisa diunakan sebagai family product.

Selain itu juga beberapa produk yang berlisensi akan memberikan hak penggunaan produk yang lebih spesifik dibandingkan jika kamu menggunakan produk ritel. Produk ritel hanya dapat diupgrade dari versi bisnis saja dan bukan versi rumah oleh windows. Beberapa orang menganggap ini sedikit mengganggu.

Walau harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang sedikit lebih banyak dibandingkan produk retail, tetapi kamu akan mendapatkan keuntungan jangka panjang jika memiliki lisensi. Hal inilah mengapa memiliki Volume License Service Center akan memberikan kelebihan untuk leluasa pada pelangannya.