XL Call Center Menjadi Andalan Provider Dekat dengan Pelanggan

XL Call Center Menjadi Andalan Provider Dekat dengan Pelanggan

Pada akhir 1996 ada sebuah perusahaan swasta pertama di Indonesia yang mendirikan jasa layanan sebuah telepon seluler beserta dengan XL call center. Mereka dahulunya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk. Perusahaan swasta yang mampu menjadi salah satu pesaing Telkomsel saat itu sebagai provider andalan pemerintah atau biasa disebut BUMN.

Meskipun swasta mereka setidaknya mampu menjadi kompetitor perusahaan negara yang lebih dominan di masyarakat serta mampu dijamah di berbagai tempat. Kalau dahulu ketika masih menggunakan telepon serta sms untuk berkomunikasi faktor utama yang membuat masyarakat atau pemakainya nyaman adalah keberadaan sinyal. Dari segi sinyal, XL pada dasarnya juga sudah kuat di tempat manapun.

XL call center menjadi hal yang lumrah dimiliki dan disediakan oleh perusahaan ini. Karena pengguna mereka yang sangat global serta tidak diketahui keberadaannya harus dijamah dengan suatu layanan terpusatnya. Sehingga mereka bisa mengetahui apa kendala di lapangan atau masalah yang masih dijumpai para penggunanya guna evaluasi produk-produk mereka kedepannya jangka waktu lama.

Karena suatu produk dan perusahaan ketika berdiri pasti membutuhkan banyak kritik serta masukan dari para penggunanya. Sehingga dengan begitu diharapkan kedepannya mampu lebih baik lagi serta dapat meramaikan persaingan layanan telepon seluler di Indonesia yang kebanyakan masih didominasi oleh perusahaan milik negara berupa Telkom sebagai penyedia layanan jaringan telepon seluler.

Xl call center juga diharapkan menjadi salah suatu jembatan bagi perusahaan dan pengguna dalam berkomunikasi serta melakukan sebuah pemasaran. Karena dengan begitu masyarakat dimanapun bisa dijamah serta dikasih pengertian mengenai promo serta apa saja menariknya produk dari perusahaan ini. Sehingga diharapkan mampu menjadi pemecah masalah-masalah yang jitu.

Awal dari PT XL Axiata Tbk

Sebuah perusahaan jika sudah mencatatkan saham serta laporan keuangannya secara publik jika di Indonesia di Bursa Efek Indonesia, maka perusahaan tersebut keberadaannya memang tidak main-main serta mampu menjadi salah satu pioneer di industri yang digelutinya. Mereka layak diapresiasi dari segi kinerjanya karena mampu menyediakan laporan keuangannya secara publik kemudian bisa diakses semua orang.

Awalnya perusahaan ini lebih tepatnya pada bulan Oktober 1996 dan kemudian bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk. Seiring berjalannya waktu, dengan kinerja yang semakin baik serta mampu menjamah dan digunakan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia mereka mulai melakukan berbagai ekspansi bisnisnya demi semakin melebarnya nama perusahaan ini tentunya dengan menghadirkan XL call center.

Tepatnya di 2013 sebuah terobosan dilakukan oleh perusahaan ini dengan mampu melakukan akuisisi pada salah satu produk atau perusahaan Axis Telekom. Akuisisi ini mereka lakukan dengan beberapa catatan perjanjian penting didalamnya. Disisi lain, mereka juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan di luar Indonesia yang sudah mentereng namanya.

Kerja sama itu mereka lakukan dengan Saudi Telecom Company atau disingkat STC serta Teleglobal Investment BV. Mereka rela dengan sangat untuk membayar beberapa hutang serta kewajiban dari Axis ini sendiri. Sehingga dengan begitu mereka akan mempunyai dua produk unggulan yakni XL sendiri sebagai produk lama serta Axis sebagai provider baru mereka namun tetap menyediakan XL call center.

Tujuan adanya Call Center

Call center memang sangat diperlukan oleh semua perusahaan saat ini. Mereka membutuhkan suatu sistem terintegrasi secara terpusat sebagai salah satu solusi bagi para penggunanya yang ingin melakukan suatu penyampaian terhadap kendala menimpa mereka. Sehingga segala hal berkaitan dengan pemecahan masalah terhadap kendala itu bisa diatasi secara terpusat langsung.

Keberadaan XL call center sangatlah penting bagi perusahaan ini. Apalagi setelah proses pengakuisisian Axis, kinerja mereka sangat teruji di sini. Produk semakin lebih ramai dan banyak dipergunakan masyarakat luas sehingga tidak jarang banyak sekali permunculan-permunculan masalah ditemui. Call center tersebut akhirnya menjadi andalan mereka.

Sementara itu jika perusahaan ingin melakukan suatu promo kepada para pelanggannya, mereka juga bisa menggunakan call center ini sebagai penghubung mereka. Karena dirasa sistem ini mampu menjangkau seluruh jajaran penggunanya disemua tempat terkhususnya di Indonesia. Sehingga segalanya memang bisa dilakukan secara terpusat.

Dari situlah daya tarik masyarakat dengan disediakannya XL call center menjadi salah satu keamanan dan kenyamanan bagi mereka sendiri. Mereka tak canggung untuk mengadu ketika mendapati berbagai masalah. Karena dari pihak CS juga sangat ramah serta solutif. Semua dilakukan demi kenyamanan pelanggan serta nama baik perusahaan terjaga.

Call Center Internal Perusahaan

Perusahaan ini juga memperhatikan segala bentuk komunikasi dari para pegawai atau karyawannya. Mereka di samping menyediakan pusat bantuan untuk para pelanggan juga memberikan akses komunikasi internal perusahaan bagi para karyawannya. Sehingga komunikasipun bisa sangat dekat dan bisa dilakukan sewaktu-waktu ketika jam kantor antar sesama karyawan atau atasan dengan bawahan.

Layanan ini juga bisa sebagai salah satu cara perusahaan dalam mengcover segala jenis komunikasi yang tidak mereka ketahui. XL call center selain berguna bagi pelanggan juga sangat memiliki arti untuk karyawannya. Bagi perusahaan juga memiliki dampak besar terutama komunikasinya. Karena perusahaan khususnya manajemen bisa mengetahui apa saja yang dibicarakan dan dikomunikasikan oleh karyawan.

Komunikasi antar karyawan memang sangat diperlukan dalam suatu perusahaan. Layaknya sebuah tim, komunikasi memang menentukan suatu kemajuan bagi PT XL Axiata Tbk ini. Layanan atau produk utamanya berupa digital atau seluler maka komunikasi menjadi hal utamanya. Jadi hal itu juga harus bisa diterapkan di internal perusahaan mereka sendiri.

Layanan tersebut diharapkan mampu menjadi andalan mereka dalam mengarungi kerasnya persaingan industri ini dengan menghadirkan XL call center sebagai pusat aduan. Karena ketika masih menggunakan atau setelah menggunakan produk ini, diharapkan para konsumennya memiliki kesan positif dan mampu menjadi alat bantu perusahaan agar semakin berkembang dan tumbuh.

Manfaat Menggunakan Jaringan XL

Setelah mengarungi pangsa pasar Indonesia dari 1996 sampai dengan 2021 mereka telah menyediakan berbagai layanan telepon seluler yang mampu menjadi tumpuan bagi masyarakat umum untuk mengakses internet dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat itu dirasa sesuai dengan harga paketan yang telah dipatok oleh perusahaan ini dalam bersaing dengan provider lain.

Kemudian ada manfaat lain berupa kecepatan dan kestabilan sinyal dalam handphone mereka ketika menggunakan perdanan dari XL sendiri. Karena sudah banyaknya jaringan 4G LTE di berbagai kota dengan tambahan 1.800 spectrum setelah mengakuisisi Axis, membuatnya sangat stabil dan bisa diakses di mana saja dengan tetap menghadirkan XL call center sebagai solusi.

Diharapkan dengan hadirnya PT XL Axiata Tbk yang telah berdiri cukup lama di Indonesia mampu menjadi salah satu perusahaan penyedia layanan jaringan telepon seluler terbaik meskipun dari pihak swasta. Sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menentukan sikap memakai provider mana dan bisa mengadukan permasalahannya di XL call center.