Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO | Auto Jadi Artis

Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO | Auto Jadi Artis

Hallo sobat teknohits. Kali ini teknohits akan coba membahas sebuah Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO. cara ini bisa kamu manfaatkan supaya hasil yang kamu buat akan terlihat lebih indah dipandang.

VSCO sendiri adalah sebuah aplikasi edit foto terbaik sampai saat ini untuk pengguna android dan iOS. Ini membuktikan jika kamu ingin punya feed Instagram keren maka kamu perlu bantuan aplikasi VSCO agar foto kamu bisa bersaing dengan selebram lain.

Jika kamu memang punya niat mau jadi seorang selebgram atau travel blogger terknal yang punya feed dan hasil foto yang bagus, kamu dapat mengikuti beberapa tips edit VSCO dari teknohits berikut ini:

1. Pilih Filter yang Sesuai

Nilai jual utama dari VSCO yaitu banyaknya pilihan filter/preset yang tersedia di aplikasi ini. Walau memang, untuk mendapatkan puluhan filter yang ada, kamu kudu beli full version aplikasi ini (VSCO X). Tetapi, sebetulnya kamu enggak perlu untuk membeli versi full version jika kamu bisa memilih dan memainkan filter yang sudah tersedia dengan baik.

Salah satu preset atau filter paling populer yang dipakai banyak fotografer dan selebgram yaitu Aesthetic Series (A4-A6). Namun, filter yang kamu pilih sebenarnya sangat tergantung pada gaya pengeditan kamu. Enggak ada aturan benar-salah saat memilih filter di VSCO. Semua tergantung pada gaya pengeditan dan preferensi pribadi Anda. Dengan syarat, editan yang kamu lakukan tidak terlalu lebay dan norak.

2. Manfaatkan Exposure dan Contrast Untuk bikin Foto Lebih Terang

Satu hal yang tidak kalah penting untuk membuat hasil foto editan kamu di VSCO menjadi lebih ‘keren’ yaitu menggatur Exposure dan Contrast sebaik mungkin. Exposure dalam istilah fotografi berarti mengacu terdapat banyak cahaya yang jatuh ke gambar/foto yang kita ambil, yang nantinya akan mempengaruhi seberapa terang dan gelapnya foto.

Nih, bila foto yang kamu ambil sedang berada dalam kondisi low light dan kurang pencahayaan, selain pilih filter yang sekiranya cocok, jangan lupa memainkan Exposure agar hasil foto kamu menjadi lebih terang. Sedangkan Contrast lebih ke dinamika sisi gelap dan terang dari suatu gambar/foto. Hal lain yang patut diperhatikan saat kamu mengedit dengan VSCO yaitu perihal Contrast. Ketika kamu memainkan kontras dengan benar, maka hasil foto kamu terlihat lebih ‘nyata’ dan tajam.

3. Buat Foto Kamu Terlihat Lebih ‘Hidup’

Tips ketiga yang perlu kamu perhatikan saat mngedit dengan VSCO yaitu tentang Estetika Foto. Jadi, sebetulnya tips ketiga ini yaitu sebuah gabungan dari tips nomor satu dan nomor dua. Maksudnya gimana ya sob?

Maksudnya yaitu, kamu kudu peka dengan memasukan ‘nyawa’ di foto yang ingin kamu edit. Contoh, misal kamu sedang mengedit foto pantai. Nah, untuk bikin foto itu lebih hidup, sepertinya lebih cocok kalau menggunakan filter yang kebiru-biruan dan cerah dengan cara mengatur Exposure, Contrast, Grain, Temperature dan lain-lain sebaik mungkin.

Sebenarnya bebas kamu mau filter apapun juga, tetapi kalau kamu perhatikan para selebgram dan fotografer profesional mengedit foto mereka, pasti

4. Pakai Teknik Cropping yang Pas

Sebenarnya ini yaitu tips tambahan saja dan tidak wajib kamu ikuti jika posisi objek foto yang kamu ambil sudah sempurna. Namun, untuk sebagain foto memang perlu untuk dilakukan terlebih dahulu proses cropping supaya memperoleh angle yang pas dan sesuai.

Umumnya teknik cropping ini akan lebih berguna pada foto-foto yang diambil dengan mode Makro. Biasanya, objek foto terlalu jauh dan butuh di-highlight sehingga untuk membuat hasil foto itu lebih fokus, kamu wajib melakukan cropping.

5. Buat Filter Kamu Sendiri

Terakhir, jika ternyata kamu sudah temukan sebuah filter yang cocok dan klop banget buat feed kamu, daripada lupa settingannya seperti apa, mending kamu save saja. So, sewaktu-waktu kamu mau mengedit foto baru tetapi dengan preset filter yang sama, kamu cuma perlu memilih preset filter yang telah kamu save sebelumnya.