Cara Cek NIK KTP Valid Lewat HP Android Yang Mudah dan Cepat

Cara Cek NIK KTP Valid – Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, berbagai hal dilakukan secara manual, termasuk untuk cek NIK KTP. Kita perlu datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan pengecekannya. Namun tidak untuk sekarang ini, karena semuanya bisa dilakukan secara online yang tentunya lebih mudah.

Baru-baru ini masyarakat sempat dihebohkan dengan kasus nomor NIK ganda. Padahal, nomor NIK yang umumnya tertera di KTP ini memiliki fungsi yang sangat penting.

Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan valid atau tidaknya NIK yang Anda miliki. Tidak perlu ke kantor Disdukcapil, Anda bisa melakukannya melalui perangkat android. Berikut ini cara cek NIK KTP valid melalui HP android yang mudah.

Cara Cek NIK KTP Valid Lewat HP Android

Ada beberapa cara mudah cek NIK KTP secara online dan offline di HP android. Anda bisa memilih salah satu cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan. Adapun cara cek NIK KTP valid melalui smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Konfirmasi NIK KTP Online melalui WhatsApp

Cara cek nomor KTP lewat android
Sumber gambar: kapanewon depok

Cara yang pertama untuk mengecek keabsahan NIK KTP secara online yakni dengan melalui WhatsApp. Cara ini bisa dibilang yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya sepeser pun. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka chat baru di WhatsApp ke nomor 0813-2691-2479.
  • Kemudian Anda bisa mengirim pesan langsung ke WhatsApp tersebut dengan format: Nama Lengkap (sesuai KTP), NIK, Keluarahan atau Desa/Kecamatan/Kabupaten atau Kota.
  • Nantinya akan ada balasan dari nomor tersebut terkait informasi NIK KTP Anda.

Jika nomor di atas tidak merespon, Anda bisa mencoba mengirimnya lagi ke nomor WhatsApp 0811-8005-373.

2. Mengetahui Validitas NIK KTP Lewat SMS

Mengetahui Validitas NIK KTP Lewat SMS
Sumber gambar: 99.co

Jika Anda mencari cara cek KTP valid offline alias tanpa sambungan internet, maka cara ini bisa dijadikan alternatif. Namun, kemungkinan cara ini akan memotong biaya untuk pengiriman SMS-nya. Jadi, pastikan di kartu HP Anda terisi pulsa. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pesan di smartphone.
  • Kemudian klik untuk mengirim Pesan Baru.
  • Pada kolom nomor tujuan SMS, Anda isi dengan nomor 0815-3636-9999 atau 0811-8005-371.
  • Kemudian untuk bagian kolom isi SMS, Anda isi dengan format: Cek#KTP#NIK
  • Selanjutnya klik tombol Kirim.
  • Nantinya akan ada SMS balasan mengenai validitas dari NIK KTP Anda tersebut.

3. Verifikasi Nomor NIK KTP Lewat Call Center

Mengetahui Validitas NIK KTP Lewat SMS
Sumber gambar: disdukcapil

Alternatif lain untuk mengecek nomor NIK KTP yang valid lewat HP yakni melalu Call Center. Cara ini diklaim lebih efektif, pasalnya Anda bisa langsung bertanya ke cutomer service dari Disdukcapil. Untuk cara ini Anda bisa langsung menghubungi hotline Dirjen Dukcapil di nomor 1500 537.

Sebelum menghubungi nomor tersebut, pastikan Anda sudah menyiapkan nomor NIK yang ingin dicek dan nomor KK atau Kartu Keluarga.

4. Memvalidasi Nomor NIK KTP Lewat Akun Media Sosial Resmi

Mengetahui Validitas NIK KTP Lewat SMS
Sumber gambar: twitter

Untuk mengetahui validitas NIK KTP, Anda juga bisa mengeceknya melalui akun media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Untuk akun Facebook resmi dukcapil yakni Halo Dukcapil, sementara akun Twitternya yakni @ccdukcapil.

Melakukan pengecekan NIK lewat Facebook dan Twitter tersebut, Anda bisa dengan mengirimkan chat pribadi secara langsung. Kirim pesan personal dengan format #NIK#Nama Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Keluhan.

Selain keempat cara di atas, masih ada cara lain yang memungkinkan dilakukan untuk pengecekan nomor NIK, yakni melalui email dan situs resmi Dukcapil.

Itulah tadi beberapa cara cek NIK KTP Valid lewat smartphone android yang bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar