Cara mudah Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Tanpa PC

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada bertemu lagi dengan teknohits disini yang akan selalu memberikan berbagai informasi menarik mengenai dunia teknologi. dan kali ini mimin akan memberikan sebuah ulasan khusus untuk kamu para pengguna smartphone xiaomi.

Tentunya jika kamu merupakan pengguna setia Xiaomi secara berkala akan mendapatkan sebuah pembaharuan miui, akan tetapi kadang MIUI Yang telah diperbaharui kurang cocok dengan smartphone kamu. Contohnya adalah MIUI 10 yang dianggap tidak bersahabat dengan smartphone xiaomi low end. maka dari itu dalam artikel ini mimin akan coba memberikan sebuah cara untuk downgrade MIUI 10 ke 9 dengan mudah.

Umumnya proses yang paling lazim digunakan dengan metode flash ulang perangkat kamu supaya bisa downgrade dari MIUI 10 ke MIUI 9 atau vers lainnya seperti pada perangkat Android, akan tetapi beda Tools saja. So. sebaiknya kamu memindahkan seluruh data penting ke tempat lain terlebih dahulu karena perangkat akan kembali bersih seperti melakukan reset.

Untuk cara mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9 atau ke versi lama lainnya sebetulnya sama saja dengan melakukan upgrade karena sama-sama berhubungan dengan proses “update”.

Terdapat dua metode yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan Updater dan Fastboot. Cara Updater dengan file.zip memang lebih mudah sebab dapat dilakukan tanpa PC atau laptop sekalipun. Sedangkan untuk Fastboot lebih minim masalah, namun beresiko proses yang lebih rumit dan beresiko. Berikut cara downgrade MIUI 10 ke 9 yang dapat kamu lakukan tanpa PC atau melalui Fastboot yang lebih bagus.

Cara Downgrade MIUI 10 ke 9 Tanpa PC Lewat Updater

Download versi MIUI ROM 9 dengan format .zip di halaman resmi Xiaomi. Pastikan sesuai dengan perangkat kamu, jangan sampai salah sebab malah akan membuat errorDowngrade MIUI Xiaomi Mi 4i ROM

  • Pindahkan file miui_.zip yang telah kamu download ke folder “downloaded_rom” di penyimpanan internal
  • Jalankan aplikasi Updater bawaan dari Xiaomi
  • Klik lambah tiga titik pada bagian kanan atas lalu pilih menu Choose update packageMIUI Downgrade Updater
  • Selanjutnya kamu pilih file MIUI ROM yang telah dipindahkan tadi
  • Proses akan langsung berjalan dan perangkat Xiaomi kamu akan melakukan reboot dengan sendiri ketika sudah selesai

Cara tersebut tergolong cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi, salah satu kekurangannya memakai metode tersebut itu terkadang muncul beberapa bug secara tiba-tiba yang bervariasi tiap perangkat. Oleh karena itu, selalu lakukan clear cache dan data setelah melakukan flashing.

Cara Mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9 dengan MiFlash Tool

  • Pastikan perangkat Xiaomi kamu sudah unlock disebabkan beberapa perangkat sudah langsung unlock.
  • Download MiFlash Tool di halaman resmi Xiaomi ini.
  • Install MiFlash Tool lalu jalankan MiFlash.exe
  • Download ROM MIUI dengan format .tgz yang kamu inginkan sesuai dengan model perangkat di halaman resmi Xiaomi ini atau bisa juga dari halaman ini jika tidak menemukan.
  • Decompress ROM MIUI yang telah didownloadDograde MIUI ROM Flash Tool Decompress
  • Setelah semua data telah siap, saatnya mulai untuk melakukan flash downgrade MIUI 9 ke MIUI 8.
  • Masuk ke modus Fastboot denggan cara matikan perangkat lalu tekan dan tahan tombol Volume – dan Power secara bersamaan untuk beberapa saat.
  • Hubungkan perangkat ke komputer atau laptop setelah logo Fasboot muncul.downgrade MIUI 8 ke MIUI 7 Fastboot logo
  • Pada program MiFlash klik Refresh (kuning) agar perangkat terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan alamat ROM yang sebelumnya telah download (biru) dan klik Flash (merah) untuk memulai proses.Downgrade MIUI ROM Flash Tool Flashing
  • Tunggu hingga bar proses penuh dan muncul tulisan sukses (oranye).
  • Perangkat akan otomatis Restart dan perangkat udah berubah versi MIUI.Downgrade MIUI ROM Flash Tool Progress

Metode Fastboot sebaiknya dilakukan oleh orang yang paham tentang perangka smartphone sehingga bagi kamu yang ragu atau tak terlalu mengerti sebaiknya enggak melakukan proses ini sebab bisa menyebabkan perangkat brick bila salah dilakukan. Kalau memang yakin untuk melakukan cara downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 ini dan siap menerima resiko bila terjadi sesuatu terhadap perangkat.