Cara Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada, kembali lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan sebuah informasi penting mengenai dunia teknologi. kali ini mimin akan coba mengulas masalah yang sering terjadi pada kamu pengguna laptop.

Untuk para pengguna laptop, mimin akan memberikan sebuah info penting min karena pasti saja meskipun laptop kamu sangat mahal pasti akan mendapatkan sebuah masalah, salah satu masalah yang terjadi pada perangkat ini adalah tidak berfungsinya Touchpad pada laptop.

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi jadi sebuah hal yang sangat menjengkelkan karena kamu harus wajib memakai bantuan mouse untuk menggerakan kursor. Touchpad Laptop Tidak Berfungsi bisa diakibatkan berbagai hal salah satunya adalah kamu baru saja instal ulang sistem operasi atau laptop-nya terkena virus.

Bila touchpad laptop kamu ASUS, ACER, Lenovo, atau yang lainnya enggak berfungsi dengan benar, terdapat beberapa solusi yang bisa kamu coba seperti berikut ini:

Cara Perbarui Driver Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

  • Kamu Masuk ke Device Manager Windows dengan memencet tombol Windows di Keyboard lalu ketik “device manager” dan pencet Enter.
  • Cari bagian Your PC dan klik dua kali di “Mice and other pointing devices“.
  • Cari touchpad kamu selanjutnya klik kanan dan pilih “Update Driver Software…“.
  • Klik Search automatically for updated driver software dan ikuti langkah-langkahnya
  • Kemungkinan besar bila touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik adalah karena driver-nya enggak ada atau driver-nya rusak.
  • Langkah di atas adalah salah satu yang dapat dilakukan untuk upgrade driver touchpad laptop kamu yang tidak berfungsi.

Aktifkan Touchpad yang Tidak Sengaja Dinonaktifkan

Mungkin touchpad kamu enggak berfungsi karena entah kenapa tak sengaja dinonaktifkan oleh kamu sendiri seperti saat enggak sengaja menekan kombinasi tombol tertentu di keyboard laptop sehingga sebabkan touchpad laptop kamu tidak berfungsi.

Bila hal itu yang terjadi solusinya mudah namun tidak ada jawaban pasti, ini sebab tiap mereka laptop bisa berbeda-beda cara yang dipakai untuk mengaktifkan touchpad. Akan tetapi bila kamu memakai laptop bersistem operasi Windows, dapat mencoba langkah di bawah ini:

  • Pencet tombol Windows di keyboard
  • Ketik Mouse dan klik untuk membukanya
  • Di bagian Device Settings, cari bagian yang mengontrol touchpad kamu dan aktifkan jika di tampilannya touchpad statusnya non aktif.

Perbaiki di Service Center

Jika cara-cara di atas tidak berhasil dalam membetulkan touchpad laptop kamu yang enggak berfungsi, terdapat kemungkinan kerusakan terjadi di level hardware atau bisa dibilang touchpad kamu rusak. Oleh sebab itu akan lebih baik jika laptop kamu dibawa ke pusat perbaikan laptop untuk dicek oleh yang ahli.

Bila touchpad-nya benar-benar rusak dari sisi hardware, ada bagusnya perbaikan tidak dilakukan oleh diri sendiri supaya enggak bikin kerusakan yang lebih parah ketika mencoba memperbaiki touchpad. Bila laptop kamu masih terlindungi oleh garansi resmi, harusnya kamu enggak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki touchpad laptop kamu.