Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Paling Akurat Agar Tidak Ketipu

iPhone dikenal sebagai ponsel kelas atas yang sangat diminati oleh masyarakat. Dari segi kualitas memang sangat bagus, sekaligus sebagai simbol kemewahan. Siapapun yang memiliki iPhone pasti dianggap keren. Tidak sedikit yang memutuskan membeli iPhone bekas untuk menghemat biaya. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana cara cek iPhone asli atau palsu.

Ini merupakan langkah penting untuk menghindari produk refurbished atau palsu yang merugikan. Minat masyarakat yang besar terhadap iPhone seringkali dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan.

Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu yang Wajib Diketahui 

iPhone bajakan atau supercopy sebenarnya bisa langsung diketahui dengan melihat banderol harga yang ditawarkan. Langsung skip saja apabila iPhone yang hendak dibeli harganya jauh dari pasaran. Nah, agar lebih yakin ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Coba Buka App Store

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu
Sumber gambar: merdeka.com

Cara yang pertama cukup mudah. Anda hanya perlu mengakses App Store (Apple App Store) dari iPhone Anda.

iPhone yang asli pasti memiliki App Store sebagai platform dalam distribusi aplikasinya. Hal ini lantaran pihak Apple inc (perusahaan iPhone) memiliki sistem operasi sendiri yang berbeda dari telepon di pasaran. Sehingga setiap produk keluaran Apple hanya dapat terhubung dengan App Store.

Namun, apabila yang Anda temukan bukanlah App Store, melainkan Google Play atau pun Windows Play maka dapat dijamin 100 persen bahwa iPhone Anda palsu.

  1. Akses iTune

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu
Sumber gambar: merdeka.com

Cara cek iPhone asli atau palsu yang kedua dapat ditandai dengan konektifitas iTune. Jika iPhone Anda bukanlah barang KW atau palsu, anda bisa coba aktifkan fungsi iTune.  Apabila iTune gagal mengenali perangkat maka dapat disimpulkan bahwa iPhone Anda adalah barang tiruan atau palsu.

Untuk mengaktifkan fungsi iTune, Anda dapat melakukan singkronisasi dengan komputer. Adapun langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi iTune dengan komputer adalah sebagai berikut:

  • Pertama, gunakan USB untuk menyambungkan iPhone dengan komputer.
  • Kedua, sambungkan fungsi iTunes dengan komputer dengan cara klik pada jendela iTunes dan pilih “ringkasan”.
  • Ketiga, pilih opsi “selaraskan dengan perangkat dengan Wifi” untuk mensikronisasikan iTunes dengan komputer.
  • Langkah terakhir, klik “ok” atau “terapkan”.
  1. Tombol Screenshoot

Untuk memastikan apakah iPhone asli atau palsu, maka bisa dilakukan dengan cara mengambil screen-shoot atau tangkapan layar di ponsel.

Adapun pengambilan screen-shoot dengan menggunakan iPhone biasanya dapat dilakukan dengan cara menekan tombol “lock” dan “home” secara bersamaan.

Apabila iPhone Anda tidak bereaksi saat Anda menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan maka kemungkinan iPhone yang Anda miliki adalah barang abal-abal.

  1. Perhatikan Fisik iPhone
Cara Cek iPhone Asli atau Palsu
Sumber gambar: rancahphone

Anda juga bisa mengamati asli atau tidaknya iPhone milik Anda dengan mengamati cek fisiknya. Desain iPhone hanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan tembaga pilihan. Sehingga jika ditimbang menggunakan tangan, maka iPhone akan terasa lebih berat daripada ponsel pintar lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat membandingkan layar pada iPhone Anda. iPhone memiliki layar retina display yang tidak dimiliki ponsel lainnya. Retina display inilah yang membuat iPhone memiliki resolusi layar yang tinggi jika dibandingkan dengan handphone lainnya.

Apabila kedua ciri fisik ini tidak Anda temui, maka Anda perlu mempertanyakan keaslian iPhone Anda.

  1. Cek IMEI iPhone
Cara Cek iPhone Asli atau Palsu
Sumber gambar: 99.co

Cara yang terakhir , Anda dapat melakukan pengecekkan pada seri IMEI (International Mobile Equipment Identity). Setiap telepon pastilah memiliki nomer produksi yang berbeda dari satu dengan yang lainnya.

Oleh karenanya, Anda dapat membandingkan nomer IMEI dari seri iPhone Anda dengan nomer seri dari dusbook. Apabila keduanya memiliki nomor yang sama maka iPhone yang Anda miliki adalah barang asli. Sebaliknya, jika nomer serinya tidak sama maka iPhone Anda adalah barang palsu.

Demikianlah tips-tips yang dapat Anda cermati dalam memilih iPhone. Jangan tergiur harga murah. Pastikanlah dengan hati-hati sebelum Anda membeli iPhone. Jangan lupa terapkan tips cara cek iPhone asli atau palsu di atas sebelum melakukan pembelian.

Tinggalkan komentar