Peran Penting Seorang Hacker Di Dunia, Ternyata Ini Sisi Positifnya

Buat kamu yang sering menonton film hacker tentu saja bakal beranggapan negatif pekerjaan ini, karena di dalam film seorang hacker sering melakukan kejahatan berupa membobol situs orang lain, bahkan memanipulasi bank untuk mengambil uangnya.

 

Namun pada era teknologi jaman ini, seorang hacker merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting loh, komunitas white hacker Yogyafree, Nathan Gusti Ryan mengatakan bahwa seorang hacker bisa dianggap sebagai pisau bermata dunia, karena menurutnya aktivitas seperti itu bisa melakukan hal yg positif maupun negatif tergantung orangnya.

“Hacking memang ibarat pedang bermata dua. Aktitivitas ini bisa digunakan untuk hal negatif maupun positif. Kegiatan hacking positif pasti dilakukan oleh white hacker (baik) . Sedangkan hacking untuk kepentingan negatif pasti dilakukan oleh black hacker(buruk) ” ujar nathan.

Menurut pria dengan nick name Progtel ini, kegiatan negatif yang dilakukan hacker itu adalah merusak sistem dengan memanfaatkan celah keamanan yang sudah ada. Tapi sisi positifnya, keahlian hack bisa digunakan untuk mengaudit keamanan jaringan sebuah perusahaan.

Audit keamanan jaringan internet yang dimaksud nathan yaitu mencari celah keamanan dan memberitahukannya kepada pemilik jaringan supaya segera melakukan perbaikan. Dengan itu, jaringan lemah yang rentan menjadi target black hacker dapat segera ditutupi dan mencegah black hacker merusak sistem yang sudah ada.

“Tren bisnis korporat saat ini, semua serba online. Artinya, perkembangan ecommercenya cukup luar biasa. Bayangin aja jikalau saingan perusahaan anda menyewa seorang cracker atau black hacker untuk menganggu dan merusak Security System eCOMMERCE situs perusahaan anda, maka bisnis process Online System-nya akan terganggu bahkan bisa macet total. Berapa besar kerugian yang akan di tanggung? Terlebih lagi kepercayaan masyarakat (sebagai konsumen) kepada kredibilitas perusahaan anda akan jatuh,” papar Nathan.

 

Jadi ada gak sobat teknohits yg mau jadi hacker nih?