Terkuak! Inilah 5 Alasan HP Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Digunakan

Terkuak! Inilah 5 Alasan HP Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Digunakan

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan informasi menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan coba mengulas salah satu masalah yang sering terjadi di perangkat Smartphone yaitu hp tiba tiba mati saat digunakan.

HP tiba tiba mati saat digunakan tentunya merupakan sebuah masalah yang cukup serius jika kamu pernah mengalaminya, Oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan coba mengulas apa sih alasan yang menyebabkan masalah ini sering terjadi pada Perangkat Smartphone? Yuk kita ulas berikut ini.

Alasan Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri

1. Sistem Bermasalah

Sistem operasi adalah salah satu bagian terpenting dari handphone supaya komunikasi antara software dan hardware berjalan dengan selaras sehingga fungsi-fungsi perangkat bisa berjalan secara baik.

Akan tetapi. terkadang sistem mengalami masalah yang diakibatkan oleh banyak hal, misalnya malware maupun bug, sehingga bikin HP kamu tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu, sebaiknya kamu harus lakukan peningkatan sistem operasi apabila sudah muncul update terbaru dari produsennya.

Jika masalah masih ada setelah update, maka kamu bisa lakukan Factory Reset atau Hard Reset saat handphone sering sekali tiba-tiba mati sebab dipastikan ada sesuatu yang salah. Factory Reset pada umumnya masih bisa kamu lakukan melakukan dalam sistem operasi, akan tetapi Hard Reset harus mengunjungi Recovery Mode terlebih dahulu.

2. Kapasitas Internal Habis

Selain file, aplikasi, ataupun game, pada umumnya pula sistem disimpan pada penyimpanan internal. Akan tetapi biasanya pada saat kapasitas internal sudah hampir penuh, maka sistem operasi handphone akan lihatkan peringatan dan berjalan dengan lambat.

Parahnya lagi, kapasitas internal yang udah mau habis ini membuat hp jadi hang atau bahkan tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu, kamu sebaiknya melonggarkan kapasitasnya dengan sisa minimal 4 GB atau 10 GB lebih baik.

3. Efek Samping Rooting

Dengan melakukan rooting, umumnya kamu bisa mengakses semua sistem handphone mulai dari skala software dan hardware. Akan tetapi meski banyak menfaatnya, akan tetapi terkadang akses yang terlalu berlebih menuju sistem hardware bisa pula menyebabkan handphone tiba-tiba mati.

Pada umumnya produsen handphone sudah membatasi akses penggunanya ke beberapa sistem penting agar tidak menyebabkan kesalahan yang enggsk diinginkan. Untuk itu, kamu bisa lakukan unroot atau menghilangkan akses root agar sistem kembali pada kondisi semula.

4. Baterai Tidak Sehat

Handphone dengan masa pakai yang lama melebihi 2 tahun atau 3 tahun biasanya bikin baterainya sudah tidak dalam kondisi prima. Bahkan HP yang tidak memperoleh perawatan intens akan menyebabkan baterai cepat menjadi tidak sehat.

Apalagi jika persentase baterai tertulis 100%, namun ternyata cuma dalam beberapa menit saja sudah mati secara tiba-tiba. Untuk itu, sebaiknya kamu menuju service center terdekat untuk menggantinya dengan baterai baru yang lebih segar agar handphone tetap dalam kondisi sempurna.

5. Sering Dipakai Aktivitas Berat

Biasanya bagi gamer, handphone akan digunakan dalam waktu yang lama tergantung dari seberapa bagus game yang dimainkan. Apabila proses bermain game berat dijalan secara terus menurus dalam waktu yang lama, maka tidak jarang handphone mudah panas dan merusak beberapa komponen handphone.