Keren! Inilah Fitur Baru DuckDuckGo Cegah Lacak Pengguna

Keren! Inilah Fitur Baru DuckDuckGo Cegah Lacak Pengguna

Hallo sobat teknohits kali ini mimin akan coba mengalahkan berita tentang salah satu situs yang sering digunakan pengguna smartphone untuk berselancar di internet yaitu DuckDuckGo. karena kabarnya aplikasi peramban yang memiliki logo bebek ini telah merilis fitur baru.

DuckDuckGo sendiri merupakan situs yang dikenal bisa mencegah pelacakan saat browsing, fitur baru DuckDuckGo saat ini dapat mencegah aplikasi untuk melacak pengguna khusunya Android. Fitur ini disebut App Tracking Protection, fitur itu mirip App Tracking Transperancy pada Apple cuma saja lebih sederhana. Fitur ini memberi pengguna pilihan untuk amankan datanya dari pelacakan aplikasi.

Akan tetapi, fitur baru DuckDuckGo belum diluncurkan dalam versi baru untuk semua Android. Pula belum afa sebagai unduhan terpisah. Fitur itu dibuat dalam aplikasi browser yang berfokus pada privasi DuckDuckGo, namun mempunyai fungsi di seluruh perangkat kamu.

Lewat pengumuman di website, development mengatakan jika fitur ini akan memblokir pelacak yang diidentifikasi di aplikasi lain dari perusahaan pihak ketiga.

Setelah App Tracking Protection diaktifkan, fitur itu akan berjalan di latar belakang saat kalian menggunakan smartphone. Fitur ini dengan cepat mengenali saat aplikasi akan mengirim data ke pelacak pihak ketiga, dan kemudian akan mencegah aplikasi mengambil informasi kalian

DuckDuckGo membabarkan jika fiturnya telah bekerja untuk mengidentifikasi dan melindungi data pelacak baru. Ini berarti, data kamu dijauhkan dari pelacak baru yang muncul. Dari aplikasi DuckDuckGo, kamu pula bisa melihat tampilan real-time dari pelacak yang telah diblokir oleh fitur, bersama dengan ke mana data kamu akan dikirimkan.

Perusahaan mengabarkan jika meskipun fitur App Tracking Protection bukan jaringan pribadi virtual (VPN), smartphone kalian akan berperilaku seolah-olah seperti VPN.

“Ini karena App Tracking Protection menggunakan ‘koneksi VPN lokal’ yang berarti ia bekerja dengan baik di smartphone kalian,” jelas DuckDuckGo dalam postingannya. “Namun, App Tracking Protection berbeda dari VPN karena tak pernah merutekan data aplikasi melalui server eksternal.”

Sekarang, fitur itu masih dalam versi beta, tetapi kalian dapat mencoba. Untuk mendaftar, unduh DuckDuckGo dari Google Play Store, dan buka aplikasinya. Tekan “Pengaturan” diikuti oleh “App Tracking Protection” di “Privacy.” Dari sana, pilih “Join the Private Waitlist.”

Saat lakukan sebuah uji coba, DuckDuckGo telah temukan jika lebih dari 96 persen dari beberapa aplikasi Android gratis paling populer mempunyai pelacak pihak ketiga yang tak disadari sebagian besar pengguna. Perusahaan juga telah temukan jika 87 persen dari aplikasi ini mengirim data pengguna ke Google, sementara 68 persen mengirim data ke Facebook.