Cara Mengatasi Wifi Tidak Terhubung Ke Gawai, Perhatikan Caranya

Cara Mengatasi Wifi Tidak Terhubung Ke Gawai, Perhatikan Caranya

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan coba memberikan sebuah cara untuk mengatasi wifi tidak terhubung pada gawai.

Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu sedang mengalami masalah koneksi wifi dirumah kamu yang tidak mau terhubung dengan smartphone, laptop atau perangkat elektronik lainnya. jadi yuk langsung saja kita ulas ulasannya berikut ini.

1. Periksa lagi kredensial kalian

Kamu mungkin sangat yakin telah mengetik kata sandi dengan benar, namun kamu tidak ada salahnya untuk mengecek lagi dan lagi. Bisa jadi, secara tak sengaja kamu telah mengaktifkan caps lock dan bikin kata sandi yang dimasukkan jadi salah.

Sejauh ini, detail login yang salah secara tidak sengaja yaitu penyebab umum kesulitan WiFi. So, pastikan kamu membaca setiap karakter dengan benar, terutama bula kamu memperoleh kata sandi dari catatan tulisan tangan.

Supaya lebih mudah, kamu tinggal ketuk ikon mata di sebelah kanan kotak kata sandi untuk melihat apa yang kamu ketik. Namun bila berada di tempat ramai, hal tersebut mungkin bukan pilihan bijak sebab dapat saja ada orang yang mengintip.

Bukan cuma itu, perhatikan huruf besar kecil, sebab kredensial sangat sensitif. Jadi perhatikan keyboard dan periksa apakah caps lock aktif atau tidak. Jika alfabet di keyboard lebih dari satu, atur ke default agar kalian tidak salah menekan tombol tanpa disadari.

2. Pastikan berada dalam jangkauan

Cakupan WiFi bisa bervariasi karena berbagai alasan, dimulai dari seberapa kuat sinyal dipancarkan router, sampai ketebalan dinding rumah. Berada di dekat router dan memastikan antenanya terpasang dan tidak terhalang akan membantu kamu untuk memperoleh koneksi dengan lebih mudah.

VIRAL :  5 Fitur Terbaik YoWhatsApp | Whatsapp Ori Mah Lewat Lur

3. Aktifkan mode Wi-Fi di perangkat

Hal tersebut terdengar begitu jelas, tetapi gadget yang akan kamu sambungin ke jaringan Wi-Fi harus secara aktif cari koneksi itu. Ini cuma akan terjadi ketika mode Wi-Fi aktif. Jadi, ada pula perangkat kalian, baik itu iPhone, iPad, Mac, Android, atau PC, pastikan bila mode Wi-Fi dalam keadaan aktif.

4. Pastikan router sedang online

Terkadang kamu sukses mendapatkan Wi-Fi, namun masih tak bisa online. Ini mungkin sebav router sedang offline dan memancarkan sinyal kosong. Terdapat cara mudah untuk mengetahui apakah ini masalahnya – memeriksa lampu di router.

Sebagian besar perangkat ini mempunyai serangkaian lampu yang memiliki arti berbeda. Cari yang memiliki simbol yang terlihat seperti antena dengan gelombang yang datang darinya. Bila lampu di bawah simbol ini berwarna selain hijau, atau bila berkedip terus-menerus, itu berarti router tak menerima sinyal internet.

Guna mengatasi hal tersebut, kamu coba untuk untuk mematikan dan menyalakannya kembali. Saat kamu melakukannya, pastikan kamu menunggu 10 detik sebelum menyalakannya kembali – ini umumnya waktu yang dibutuhkan router untuk meminta reboot alih-alih melanjutkan apa yang ditinggalkan.

Saat kamu menghidupkan kembali router, berikan waktu sebentar untuk memulai ulang dan perhatikan cahaya yang muncul apakah sama seperti sebelumnya. Bila lampu merah berubah menjadi hijau atau bila kedipan stabil menjadi kedipan tidak teratur, itu berarti router sekarang online.

5. Matikan dan hidupkan kembali perangkat kalian

Terkadang masalahnya bukan pada router, ketebalan dinding, atau penyedia layanan internet. Umumnya masalahnya terdapat di gadget kamu. Cara cepat untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan me-reboot perangkat kamu dan ketika melakukannya, pastikan untuk melakukannya dengan benar dengan matikan atau pilih mulai ulang.

VIRAL :  5 Aplikasi Pinjam Uang Dengan Bunga Rendah, Bisa Dicicil

Saat perangkat kalian hidup kembali, pastikan memberikan waktu satu menit sampai reboot selesai dan semuanya kembali ke jalurnya. Lalu coba sambungkan ke Wi-Fi lagi.

6. Perbarui sistem operasi

Bila reboot tidak sukses, kamu mungkin menghadapi bug. Bila kamu telah menunda pembaruan sistem, inilah saat yang tepat untuk menginstal pembaruan. Kamu dapat melihatnya di pengaturan dan mengecek apakah ada update software terbaru.