5 manfaat penggunaan vpn

5 Manfaat dan Keuntungan Saat Menggunakan VPN

Internet hadir sebagai media informasi dan juga alat komunikasi yang bisa menghubungkan semua orang dari seluru dunia. Tapi, dari sisi lainnya terdapat kejahatan yang mengintai setiap pengaksesnya dan VPN menjadi solusi terbaik untuk menjaga privasi dan kerahasiaan data.

VPN (Virtual Private Network) bukan sekedar untuk mengakses situs-situs yang terblokir saja, tetapi ada banyak manfaat dan keuntungan bagi pengguna VPN saat mengakses Internet dari PC / Laptop ataupun Smartphone.

Untuk kalian yang sering mengakses internet dari laptop atau computer, wajib menyimak ulasan tentang 5 keuntungan utama saat menggunakan jaringan VPN berikut ini dan semoga bisa membantu kamu untuk membuat keputusan yang tepat.

Tentang VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah alat yang membantu pengguna internet untuk mendapatkan koneksi internet yang aman dan tentunya bisa mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain.

Dengan kata lain, pengguna internet yang menggunakan jaringan VPN akan terlindungi semua aktivitas onlinenya. Selain itu fungsi lainnya dari penggunaan VPN adalah bisa mengakses konten atau situs yang diblokir suatu negara (ketentuan pemerintah).

Harus diperhatikan juga, bahwa saat ini banyak yang menawarkan layanan VPN Gratis tetapi mengandung malware yang mampu mendeteksi informasi penggunanya. Untuk itu kamu harus benar-benar pintar dan bijak saat memilih layanan VPN utuk diinstal ke PC/Laptop ataupun Smartphone.

Contoh sederhana cara kerja dari layanan VPN itu seperti ini :

VPN yang kamu aktifkan akan mengkoneksikan perangkatmu (Smartphone/PC/Laptop) ke komputer lain atau ke VPN Server di negara lain sesuai yang kamu pilih. Jadi ketika kamu menggunakan VPN Server negara Belanda, maka kamu saat itu dengan menggunakan koneksi internet di negara tersebut dan bisa mengakses sesuatu situs/website yang tidak bisa diakses tanpa mengaktifkan VPN.

5 Keuntungan Menggunakan VPN

Berikut ini adalah 5 manfaat menggunakan jaringan VPN yang Teknohits rangkum dari beberapa sumber :

Keamanan

Tentu keamanan penggunanya menjadi prioritas dari sebuah layanan VPN. Ketika kamu terhubung ke internet dengan VPN, data akan disimpan dan di dienkripsi agar sega aktivitas online yang kamu kerjakan disembunyikan dari jaringan publik.

Jadi meskipun orang lain bisa melihat apa yang komputer kamu kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang telah di enkripsi tadi (bukan informasi/data aslinya).

Menyamarkan Lokasi

Dengan mengaktifkan VPN saat berinternet dan memilih server VPN dinegara tertentu, maka secara otomatis lokasimu saat online akan disamarkan atau tidak bisa terdeteksi lokasi aslinya. Itu karena fitur VPN ini bisa bertindak sebagai proxy.

Transfer Data

Fitur seperti ini banyak digunakan oleh sebuah perusahaan. Keuntungannya adalah bisa mengakses data perusahaan meskipun jaraknya jauh dari rumah.

Cara kerja seperti ini sangat cocok dengan perusahaan yang banyak menerapkan kerja dari rumah untuk karyawannya. Dengan koneksi jaringan internet yang aman dari layanan VPN, tentu membuat para karyawan yang kerja dari rumah bisa dengan mudah untuk akses dan transfer data perusahaan tanpa perlu takut kebocoran data.

 Ubah Alamat IP

Kamu bisa mengubah alamat IP Address komputermu saat terhubung ke internet dengan VPN karena fitur didalamnya bisa memilih IP dari negara lain yang sudah disediakan.

Pilihan IP Address negara lain akan lebih banyak jika kamu menggunakan layanan VPN berbayar.

Meningkatkan Kecepatan Internet

Jika ingin mendownload file yang ukurannya cukup besar, kamu bisa menggunakan VPN untuk meningkatkan kecepatan downloadnya. Itu karena ketika kamu menggunakan VPN, maka kamu seperti menggunakan jaringan pribadi yang hanya sedikit penggunanya.

Nah, itulah ulasan singkat tentang manfaat dan keuntungan jika kita menggunakan VPN saat mengakses internet. Keamanan identitas dan data pribadi kamu saat beraktivitas online akan tetap aman jika menggunakan VPN.