Trik Rahasia Buat WhatsApp Anti Hacker

Trik Cegah Akun WhatsApp Tak Dimasukkan ke Grup Sembarangan

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang sangat populer beberapa tahun ini, Bahkan aplikasi yang mempunyai markas besar di California, Amerika Serikat ini telah sukses membuat blackberry messenger gulung tikar setelah sekian lama mendominasi pasar aplikasi pesan singkat di dunia.

Untuk kamu yang sudah lama menggunakan whatsapp tentunya kamu sudah tidak asing dengan fitur grup whatsapp yang bikin kamu bisa chatting bersama banyak pengguna lain. akan tetapi tak jarang pengguna merasa kesal jika akun whatsapp mereka dimasukkan kedalam grup yang tidak dikenal.

Akun WhatsApp yang masuk ke dalam grup tentunya bisa bikin pergaulan pemiliknya bertambah luas. Akan tetapi isi grup terkadang tidak terlalu relevan sehingga kamu serba salah berada di dalamnya. Selain memenuhi notifikasi, keberadaan grup WhatsApp yang tidak relevan bisa bikin memori smartphone penuh. Berbagai gambar atau video di dalamnya dapat secara otomatis tersimpan di dalam memori internal smartphone.

Jika hal ini berlanjut, memori hp kamu lama kelamaan pula akan tak tersisa. Cara mencegah supaya akun kamu enggak dimasukkan ke grup WhatsApp rupanya cukup mudah. Kamu cuma perlu mengutak-atik pengaturan di Privacy saja. Berikut cara mencegah akun agar tak dimasukkan ke grup WhatsApp sembarangan:

  • Kamu tinggal buka menu Setting atau Setelan (kalian dapat melakukan klik tombol titik tiga di pojok kanan atas > pilih Setting)
  • Pilih Account atau Akun.
  • Masuk ke Privacy (Privasi) > Group (Grup).
  • Kamu bisa pilih satu dari tiga opsi yaitu Everyone (Semua Orang), My Contacts (Kontak Saya), dan My Contacts Except (Kontak Saya Kecuali).
  • Selanjutnya pilih opsi ketiga My Contacts Except > klik tombol hapus centang di pojok kanan atas > klik OK (tombol OK berwarna hijau di pojok kiri bawah).
  • Langkah tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan obrolan pribadi atau PM untuk mengirimkan link undangan grup agar disetujui oleh kamu.
  • Opsi pertama Everyone artinya semua orang di luar daftar kontak smartphone dapat menambahkan kamu tanpa persetujuan kamu sendiri.

Sementara pada opsi kedua adalah My Contact berarti cuma kontak di buku alamat telepon yang bisa tambahkan kamu ke grup WhatsApp. Bila admin grup yang tak ada di buku alamat ponsel mencoba menambahkan kamu ke dalam grup, mereka akan mendapatkan pop-up pesan

Pop-up kasih sebuah pesan yang menyatakan jika mereka tak bisa menambahkan kamu dan akan diminta untuk mengetuk Undang ke Grup atau tekan Lanjutkan, diikuti oleh tombol kirim (untuk mengirim ajakan masuk ke grup lewat obrolan individu).

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, kamu mempunyai waktu tiga hari untuk menerima undangan sebelum kedaluwarsa. Ini memungkinkan kamu untuk menerima pesan pribadi sehingga dapat memilih mau atau tidaknya untuk masuk ke dalam grup. Opsi My Contacts Except berarti cuma kontak di buku alamat ponsel kecuali yang Anda kecualikan, bisa tambahkan kamu ke grup tanpa persetujuan.