Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android dan Tanpa Gangguan
Sumber gambar: nexten

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android dan Tanpa Gangguan

Internetan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern sekarang ini. Di mana hampir semua orang setiap harinya selalu mengaksesnya, baik melalui perangkat mobile, PC, ataupun laptop. Cara agar koneksi internet stabil di android penting buat diketahui, karena hampir semua aktivitas pasti membutuhkan jaringan internet.

Berbicara mengenai internet di android, pada kondisi tertentu koneksi internet tidak stabil bahkan tidak terhubung sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan sebagian besar pengguna tidak mengetahuinya. Lantas, bagaimana cara agar koneksi internet stabil di android? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa faktor yang menyebabkan koneksi internet di smartphone tidak stabil alias error. Mulai dari provider yang bermasalah, aplikasi yang terlalu banyak berjalan di latar belakang, overheat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun cara agar koneksi internet tidak stabil di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Upgrade ke Jaringan 4G LTE

Upgrade ke Jaringan 4G LTE
Sumber gambar: saungnet

Cara yang pertama agar koneksi internet di HP android tetap stabil yakni dengan mengubah jaringan di HP ke jaringan 4G LTE. Pastikan smartphone android Anda sudah mendukung jaringan 4G tersebut. Sementara untuk mengaturnya ke jaringan 4G LTE di HP android, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Selanjutnya klik ke opsi Jaringan Seluler.
  • Sekarang pilih kartu SIM yang digunakan untuk internetan.
  • Kemudian pilih opsi jaringan 4G LTE atau LTE/3G/2G.
  • Lakukan restart jaringan data seluler.

Jika kartu provider yang Anda gunakan belum mendukung jaringan 4G, maka lakukan dulu upgrade agar bisa menikmati jaringan tercepat 4G LTE.

2. Lakukan Pembersihan File Cache

Lakukan Pembersihan File Cache
Sumber gambar: dianisa

Alternatif lain agar koneksi internet stabil di android yakni dengan melakukan pembersihan file cache atau file sampah. Untuk cara ini Anda bisa memanfaatkan fitur bawaan android atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Bagi Anda pengguna Samsung, membersihkan file cache bisa melalui menu Pengaturan >> Perawatan Perangkat >> Optimalkan Sekarang. Sementara jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka bisa menggunakan CCleaner untuk pembersihan file cache dan data serupa lainnya. Aplikasi pihak ketiga juga punya fitur untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga bisa mengurangi beban smartphone dan mencegah overheat.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan
Sumber gambar: selular.id

Beberapa aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya Anda hapus atau uninstall saja. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall bisa mempengaruhi performa kinerja HP, sehingga ini otomatis akan berpengaruh terhadap kualitas jaringannya.

Terlebih beberapa aplikasi terkadang berjalan di latar belakang, di mana selain memakan ruang yang banyak juga menggunakan data seluler.

4. Menggunakan Aplikasi Internet Booster & Optimizer

Dan cara yang terakhir untuk membuat internet di smartphone tetap stabil yakni dengan menggunakan aplikasi internet untuk mempercepat koneksi internet. Ada banyak jenis aplikasi semacam ini di Google Play Store. Namun tidak semua aplikasi efektif untuk mempercepat koneksi internet di HP android.

Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk Anda gunakan yakni bernama Net Optimozer. Aplikasi yang dikembangkan oleh BGNmobil Network Technologies ini cukup ampuh mempercepat sekaligus menstabilkan koneksi internet di HP android.

Itulah tadi beberapa cara agar koneksi internet stabil di android yang mudah dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk mengatasi masalah ngelag yang sering dialami.