Cara Agar Wifi Cepat di Android Paling Ampuh dan Efektif
Sumber gambar: merdeka.con

Cara Agar Wifi Cepat di Android Paling Ampuh dan Efektif

Internetan di perangkat apa pun paling nyaman menggunakan jaringan Wifi. Pasalnya, jaringan Wifi umumnya punya koneksi yang cepat dan stabil. Akan tetapi, terkadang juga jaringan Wifi terasa lemot saat diakses di perangkat android. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik dari router, server Wifi, maupun dari HP itu sendiri. Lantas, bagaimana cara agar Wifi cepat di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Agar Wifi Cepat di Android dan Anti Lelet

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Wifi lemot di HP android. Cara-cara ini terbilang mudah, sehingga Anda yang masih awam pun bisa melakukannya. Adapun cara agar Wifi cepat di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart Jaringan di HP

Melakukan Restart Jaringan di HP
Sumber gambar: kabelkusut

Cara yang pertama untuk mengatasi sinyal Wifi lambat di HP android yakni dengan melakukan restart jaringan. Caranya sangat mudah, pertama Anda putuskan sambungan ke jaringan Wifi lalu aktifkan Mode Pesawat. Selanjutnya matikan lagi Moda Pesawat dan sambungkan lagi HP ke jaringan Wifi.

Selain cara di atas, Anda bisa mencoba untuk melakukan restart HP android untuk menyegarkan kembali performanya.

2. Restart Router atau Modem

Restart Router atau Modem
Sumber gambar: jalan tikus

Jika cara di atas masih tetap jaringan Wifi lemot, maka Anda bisa melakukan restart modem atau router Wifi. Cara ini juga diklaim ampuh untuk mengatasi Wifi lemot bahkan error. Caranya cukup dengan menekan tombol Power di bagian belakang router dan tunggu beberapa saat. Kemudian Anda hidupkan lagi router Wifi dengan menekan tombol Power tadi.

Mungkin butuh beberapa saat sampai perangkat HP atau yang lainnya agar terhubung lagi ke jaringan Wifi tersebut. Dengan cara ini biasanya jaringan Wifi menjadi lebih cepat dan stabil lagi.

3. Meminimalkan Perangkat yang Terhubung ke Wifi

Salah satu faktor kenapa jaringan Wifi lemot saat digunakan yakni karena terlalu banyak perangkat yang terhubung di dalamnya. Seperti yang kita tahu, paket langganan Wifi memberikan batasan kecepatan jaringan bagi pengguna. Dan jika terlalu banyak perangkat yang terhubung, sudah pasti jaringan Wifi akan terasa berat dan lemot.

Solusinya Anda bida memutus sambungan perangkat lain yang terhubung ke jaringan Wifi tersebut. Memutusnya bisa dengan cara blokir IP Address perangkat via halaman Admin Wifi. Atau bisa juga dengan mengganti password jaringan Wifi tersebut sehingga perangkat lain tidak bisa terhubung.

4. Melakukan Pengaturan di HP Android

Cara ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan data internet di perangkat smartphone. Dengan demikian penggunaan internet bisa lebih terfokus sehingga kecepatannya pun akan menjadi lebih stabil.

Untuk langkah-langkah mengatur jaringan di smartphone android selengkapnya, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan di android.
  • Kemudian masuk opsi Wifi.
  • Selanjutnya klik pada opsi Advanced Settings.
  • Ada dua fitur Wifi yang perlu Anda aktifkan, yakni fitur Wifi Assistant dan Wifi Speed Mode.
  • Simpan pengaturan tersebut dan rasakan perbedaannya.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Melakukan Pengaturan di HP Android
Sumber gambar: apk pure

Dan cara yang terakhir agar jaringan Wifi di HP android menjadi lebih cepat yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan yakni aplikasi bernama Wifi Switcher yang dikembangkan oleh Claudie Development.

Aplikasi Wifi Switcher ini sendiri berfungsi mengoptimalkan kualitas Wifi di perangkat android sehingga Anda bisa internetan dengan lebih nyaman.

Itulah tadi beberapa cara agar Wifi cepat di android yang paling mudah dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.