Cara Membuat Password yang Aman, Agar Tak Mudah Diretas Hacker

Jika berbicara mengenai hacker, tentu kamu bakal mengatakan sebuah aktivitas kejahatan yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk merusak atau mencuri sebuah data digital dan digunakan dengan tak semestinya. Hacker terkadang menargetkan para pengguna media sosial dan mencuri data di dalam akun korbannya tersebut.

Nah, maka dari itu buat kamu yang tidak mau akun kamu jadi korban hacker, buatlah pasword yang seaman mungkin agar mencegah seorang hacker meretas akun kamu, buatlah pasword yang rumit namun juga gampang diingat agar tidak menyusahkan kamu dikemudian hari nanti. Melansir dari laman The Conversation, para peneliti menyarankan agar pengguna rutin untuk mengganti akun dengan password yang baru. Tujuannya adalah agar password yang Anda gunakan bisa terhindari dari deteksi hacker atau orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Berikut ini sejumlah rekomendasi yang bisa Anda ikuti untuk membuat sebuah password yang aman, seperti apa?

 

Satu password, Satu Akun

Biasanya hacker akan mencuri password yang mudah untuk dikenali. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna password yang menggunakan kata sandi seperti tanggal kelahiran mereka sendiri.

Para hacker juga akan mulai mencari dengan menyebutkan password umum yang paling banyak dipakai. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda mulai untuk menggunakan satu password pada setiap satu akun saja. Hal ini akan membuat hacker justru kesulitan mencuri data Anda dari setiap akun yang Anda miliki.

 

Uji Keamanan Password

Dalam membuat sebuah password jangan memilih kata sandi yang asal-asalan. Anda juga perlu untuk menguji tingkat keamanan dari kata sandi yang Anda miliki tersebut. Biasanya dalam membuat kata sandi, ada pemberitahuan jika password yang Anda gunakan weak sampai strength. Pilihlah kata sandi yang memiliki tingkat keamanan tinggi, sehingga akun Anda bisa tetap terjaga dari serangan hacker.

 

Karakter Password

Kekuatan dari password sendiri ditentukan dari karakter yang digunakan, mulai dari angka-angka, jumlah karakter, simbol-simbol yang digunakan