Daftar Aplikasi Terbaik untuk Usaha Kecil atau Bisnis Online Anda

Tahukah Anda bahwa sebagian besar pelaku usaha di Indonesia merupakan pemilik usaha kecil dan menengah? Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) pada bulan Maret 2021 tercatat jumlah UMKM mencapai 64,2 juta unit, dan angka ini diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Seiring dengan berkembangnya zaman tentu Anda akan dihadapkan dengan tantangan baru dalam menjalankan usaha. Salah satunya adalah digitalisasi yang bisa menjadi momentum untuk mengembangkan usaha dengan lebih cepat atau malah sebaliknya.

Namun, tidak perlu khawatir. Kehadiran teknologi dan digitalisasi terbukti menjadi kunci sukses UMKM bertahan di masa pandemi. Menurut LPEM FEB UI dan Tokopedia, 2020, 7 dari 10 pelaku usaha mengalami peningkatan volume penjualan dengan memanfaatkan digitalisasi.

Untuk mendukung usaha atau bisnis online Anda berkembang, berikut kami hadirkan beberapa aplikasi bisnis yang bisa Anda akses dari smartphone.

WhatsApp Business

Melayani dan menjaga komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang penting, baik untuk menjawab pertanyaan seputar produk Anda hingga meraup untung. Anda bisa menggunakan WhatsApp yang tentunya tidak asing lagi didengar dan sering kita gunakan sehari hari untuk berkomunikasi.

Lebih dari itu WhatsApp Business dihadirkan untuk membantu Anda dalam melayani pelanggan dengan beberapa fitur yang ditawarkan. Melalui WhatsApp Business Anda bisa menampilkan jam operasi, kategori usaha, dan alamat usaha.

Anda akan lebih terbantu dengan adanya fitur quick reply yang akan menjawab pertanyaan tertentu dari pelanggan secara otomatis. Untuk mempermudah penjualan, Anda juga dapat menampilkan katalog pada halaman profil.

Canva

Anda cukup yakin dengan produk yang Anda tawarkan namun tidak banyak orang yang tertarik atau bahkan kurang percaya dengan tampilan bisnis Anda?  Perkataan “Dari mata turun ke hati” tidak hanya berlaku untuk dunia percintaan saja, tetapi dalam dunia bisnis Anda juga dituntut untuk bisa membuat calon pelanggan jatuh hati saat melihat produk Anda. Kesan pertama akan menentukan penilaian calon pelanggan terhadap bisnis yang Anda miliki.

Untuk itu Anda bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat desain unik dan menarik. Aplikasi ini menawarkan banyak template cantik yang bisa Anda pilih tanpa perlu skill desain profesional. Tidak hanya bisa diakses melalui laptop, aplikasi ini juga tersedia untuk smartphone Anda.

Hootsuite

Kali ini Anda sudah percaya diri setelah membuat desain yang akan memikat calon pelanggan, sekarang waktunya untuk mempromosikannya di sosial media. Agar tertata lebih rapi dan berjalan sesuai jadwal Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen  konten, salah satunya adalah Hootsuite yang bisa Anda download di Google Play Store dan App Store.

Hootsuite merupakan tools manajemen sosial media yang paling lengkap dengan tampilan yang mudah dipahami. Jadwalkan konten Anda melalui aplikasi ini kapan saja, tidak hanya Instagram, Anda bisa memilih sosial media apa saja yang Anda inginkan untuk membagikan konten yang sama. Hootsuite juga menyediakan statistik tentang kinerja media sosial terhadap usaha atau bisnis online Anda.

Trello

Dalam menjalankan bisnis tentu ada banyak hal yang akan Anda dan tim lakukan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagai pemilik usaha manajemen waktu adalah hal yang krusial dan perlu diperhatikan agar usaha Anda berjalan dengan efisien. Beberapa kesulitan bermunculan seperti terkadang kita merasa kesulitan dalam mengontrol perencanaan yang telah kita tentukan, beberapa karyawan mungkin melewatkan pekerjaannya, atau permasalahan lainnya.

Aplikasi Trello dapat Anda gunakan sebagai alat untuk mengontrol semua aktivitas, mulai dari membuat sebuah proyek hingga detail pekerjaan yang Anda berikan kepada tim. Jadwalkan dan beri penjelasan terhadap suatu pekerjaan bisa dilakukan hanya melalui smartphone yang Anda miliki, kemudian pantau sejauh mana pekerjaan tersebut telah berjalan.

Google My Business

Tingkatkan visibilitas usaha Anda di internet menggunakan Google My Business. Aplikasi ini membuat profil usaha Anda dapat muncul pada hasil pencarian Google, Google Maps, dan Google Shopping. Hal ini dapat memudahkan pelanggan untuk mencari usaha Anda, terutama bagi usaha kecil yang memiliki toko fisik. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis.

Pada Google My Business ini pelanggan juga dapat memberikan review terhadap usaha Anda yang nantinya akan berpengaruh terhadap kredibilitas usaha Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur membuat situs web bisnis gratis yang ditawarkan oleh Google My Business ini. Dengan adanya situs web sendiri akan membuat calon pelanggan lebih yakin dengan produk yang Anda tawarkan.

Itulah tadi rekomendasi beberapa aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk mendukung usaha kecil atau bisnis online Anda. Semoga bermanfaat!