Inilah Flashdisk Pertama di Dunia, Cuma Punya Penyimpanan 8 MB Saja

Inilah Flashdisk Pertama di Dunia, Cuma Punya Penyimpanan 8 MB Saja

Flashdisk merupakan barang yang sangat berguna bagi kalian yang mempunyai banyak data dan tak tahu akan menyimpan dimana, karena flatbisa menjadi alat kalian untuk menyimpan data dengan kapasitas yang sangat besar.

Karena saat ini, Flashdisk bukan lagi mendukung penyimpanan file dalam satuan MB, melainkan TB (terabyte) jadi kamu tidak usah takut lagi jika data kamu tidak akan muat, karena penyimpanan flashdisk yang sangat sangat besar.

 

Namun tahukah kamu flashdisk pertama yang ada di dunia? Dan tahukah kamu berapa kapasitas penyimpanan nya? Yuk kita bahas.

 

Ilmuan asal Jepang bernama Dr Fujio Masuoka. Pria kelahiran 8 Mei 1943 ini menjadi pencipta flashdisk pertama di dunia. Dalam perkembangannya, Dr Fujio hanya membutuhkan waktu dua bulan guna menemukan struktur baru yaitu memori jenis MOS yang dikenal dengan nama Samos dan akhirnya menjadi hak patennya pada 1972. Diambil dari berbagai sumber, cikal bakal lahirnya flashdisk saat Dr Fujio mengembangkan flash memory 256Kbit. Dari situ ia berhasil mengembangkan proyek lainnya yakni NAND-type flash memory yang menjadi cikal bakal flashdisk itu sendiri.

Pada 2001, perangkat kecil itu mulai dipasarkan di Amerika oleh IBM. Kala itu, ukuran data yang bisa disimpan sebesar 8 MB. Memori Flash sendiri menjadi salah satu inovasi semikonduktor yang paling penting dari 1999-an

Dalam perkembangannya, flashdisk mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Benda kecil ini pun mudah untuk dibawa ke mana-mana, selain itu juga bisa dipasangi sistem password agar tidak bisa dibaca oleh orang lain.