Cara Aktifkan Android System WebView Untuk Pemula
Sumber gambar: jendela artikel

Cara Aktifkan Android System WebView Untuk Pemula

Bagi Anda pengguna android mungkin sudah tidak asing lagi yang namanya Android System WebView. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna mengakses situs tertentu tanpa harus membuka browser. Namun, terkadang fitur tersebut mati dengan sendirinya dan tidak bisa diaktifkan lagi. Lantas, bagaimana cara aktifkan Android System WebView yang mati sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Aktifkan Android System WebView

System WebView
Sumber gambar: play store

Sangat mudah untuk mengaktifkan Android System WebView tersebut. Akan tetapi, tidak jarang pengguna yang gagal bahkan tidak bisa mengaktifkan Android System WebView yang mati tersebut. Cukup sederhana sebenarnya, berikut ini cara aktifkan Android System WebView melalui menu Pengaturan, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda akses menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Sekarang Anda cari aplikasi Android System WebView di sana, kemudian klik pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya klik tombol Aktifkan.
  • Secara otomatis Android System WebView sudah berhasil diaktifkan.

Selain cara di atas, ada trik lain untuk mengaktifkan atau Enable Android System WebView, yakni melalui Google Play Store. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka Google Play Store di HP Android.
  • Pada halaman utama Google Play Store, Anda ketik “Android System WebView” di kolom Pencarian lalu klik Cari atau Enter.
  • Di sana akan ditampilan Android System WebView.
  • Untuk mengaktifkan, tinggal Anda klik tombol Enabled atau Aktifkan.

Bagaimana Jika Android System WebView Tidak Bisa Diaktifkan?

Perlu Anda tahu, Android System WebView ini merupakan aplikasi bawaan di Android 6.0 Marshmallow. Dan Anda hanya bisa mengaktifkannya di sistem operasi android versi tersebut. Untuk HP yang mengadopsi OS Android 5.0 Lollipop ke bawah, masih bisa mengaktifkannya namun harus menginstall secara manual melalui Google Play Store.

VIRAL :  5 Tips Membeli iPhone Bekas Mulus No Minus, Biar Gak Kena Tipu!

Sementara untuk HP dengan OS Android 7.0 Nougat ke atas, Android System WebView ini sudah dialihfungsikan ke Google Play Store. Jadi, Android System WebView tidak penting lagi karena semua itu sudah dikuasakan oleh Google Chrome.

Namun, terkadang Anda juga perlu menggunakan Android View System WebView ini di HP OS Android versi terbaru sekarang ini. Akan tetapi, aplikasi tersebut secara otomatis dinonaktifkan dan tidak bisa diaktifkan lagi. Kasus lainnya, aplikasi ini bisa diaktifkan namun tidak bisa diupdate ke versi terbaru.

Jika kedua masalah di atas juga Anda alami, berikut ini langkah-langkah terbaik untuk mengatasinya, yakni:

  • Langkah pertama Anda buka menu Pegaturan di HP Android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Sekarang cari dan klik pada aplikasi Google Chrome.
  • Kemudian klik tombol Disable atau Non-Aktifkan.
  • Sekarang buka Google Play Store dan cari Android System View.
  • Klik tombol Ebable atau Aktifkan.
  • Jika ingin melakukan update, setelah aplikasi diaktifkan akan langsung muncul tombol Update. Anda klik saja pada tombol tersebut untuk mengupdate aplikasi Android System View ke versi terbaru.

Itulah tadi cara aktifkan Android System WebView di HP android terbaru yang bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jika tutorial diatas sudah berhasil, maka Anda lebih mudah ketika ingin membaca informasi yang dibagikan ke sosial media.

Berbeda dari biasanya yang mengharuskan Anda membuka browser, maka sekarang sudah tidak perlu. Konten bisa langsung diaktifkan dan informasi dibaca tanpa repot. Bagaimana, sangat membantu bukan fitur android System WebView? selamat mencoba.

Kata Kunci : Android System WebView tidak bisa diaktifkan - akibat webview sistem android nonaktif - aktifkan sistem android - android 8 tidak bisa gunakan webview sitem Android - android system web view disabled samsung - cara aktifkan android web system di android 8 - cara aktifkan webview sistem android - cara kengaktifkan android system webview - Cara mengaktifkan webviu sistem - perlukah webview di update -
VIRAL :  iPhone Kamu Lemot? Coba Deh Lakukan 5 Cara Mudah Ini

DAFTAR ISI