Cara Memakai Font yang Sudah di Download di Android
Sumber gambar: berakal

Cara Memakai Font yang Sudah di Download di Android

Sebagai pengguna ponsel, seringkali kita merasa bosan dengan tampilan default dan bawaan android. Tampilan yang monoton tersebut untungnya bisa dirubah sesuai keinginan, sehingga lebih keren dan fresh. Salah satunya dengan mengganti font android. Bagi yang belum bisa dan masih merasa bingung, akan dijelaskan tentang cara memakai font yang sudah di download di Android.

Tidak bisa dipungkiri, bahwasannya font bisa mempengaruhi tampilan ponsel android. Dengan memakai font yang berbeda dari biasanya, smartphone menjadi tidak membosankan. Itulah alasan mengapa banyak orang yang ingin melakukannya.

Kalau begitu langsung saja, ini dia beberapa cara untuk mengganti font android yang bisa Anda terapkan.

Cara Menambah dan Memasang Koleksi Font di Android

Memasang Koleksi Font di Android
Sumber gambar: idn times
  • Buka aplikasi iFont, disana akan muncul pilihan font keren. Pilih jenis font yang anda suka. Pada halaman pratinjau font, anda akan melihat contoh tampilan huruf dan ukuran huruf dengan berbagai ukuran, serta ukuran file. Jika sudah merasa cocok tekan unduh.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan font selesai. Setelah proses pengunduhan berhasil, kita dapat menginstalnya dengan menekan hasil pengunduhan di bilah notifikasi atau dengan menekan APP.
  • Jika anda memilih melalui bilah notifikasi, akan muncul konfirmasi pemasangan font. Tetapi jika anda menginstal font dengan menekan app, popup pengaturan Font akan muncul. Tekan OK. Baru setelah itu akan muncul konfirmasi penginstalan font dan setelah di konfirmasi maka secara otomatis akan melompat ke tampilan pengaturan, tinggal pilih font yang barudi
  • Setelah memiliki beberapa koleksi font yang kita dapat dari iFont, untuk merubah font kita hanya perlu masuk ke Settings, Appearance, Font style. Tetapi bagi mereka yang tidak memiliki pengaturan ini, cukup ikuti instruksi dari dalam aplikasi.
  • Setelah mendapatkan font yang kita inginkan dan dirasa sudah mencukupi, aplikasi iFont dapat diuninstall dari ponsel android yang memiliki pengaturan font style. Itu tidak akan berpengaruh pada font phone kita di masa depan. Tetapi untuk ponsel tanpa pengaturan ini, anda tidak boleh menghapus instalan aplikasi iFont.

Bagaimana Cara Memakai Font yang Sudah di Download di Android?

Itulah tips menambahkan font di hp android dengan aplikasi. Sekarang tentang cara install font ttf di Android.

Menginstal Font TTF

Menginstal Font TTF
Sumber gambar: dumet school
  • Pertama, cari atau download dulu font yang ingin anda pasang di hp android anda. Ada banyak situs yang menyediakan font .ttf yang bisa kita download secara gratis. Misalnya mengunduh font Kingthings Foundation by Kevin King ttf untuk ponsel android.
  • Setelah selesai pastikan sudah install aplikasi Ifont, fungsi dari aplikasi ifont kali ini adalah untuk install font TTF di hp android, tanpa aplikasi ketiga lainnya kita tidak bisa menginstall file berekstensi .ttf langsung di hp android.
  • sekarang di hp kalian sudah ada aplikasi ifont dan font.ttf yang sudah di download. Langkah selanjutnya pindahkan file font ttf ke folder ifont / costum
  • jika font sudah dipindahkan ke folder ifont / costum, langkah terakhir buka aplikasi ifont lalu pilih tab dimiliki, lalu pilih menu font saya, disana akan muncul font Kingthings Foundation yang kita download tadi, lalu pilih mengatur dan menginstal font.
  • selesai, untuk menggunakan font yang terinstal anda hanya perlu pergi ke pengaturan-tampilan- Untuk memudahkan dalam menambah dan cara install font di Android tanpa root.

Sekian ulasan tentang cara memakai font yang sudah di download di Android, semoga bermanfaat