Cara Membuat Background Transparan di HP Android
Sumber gambar: mudahrizky

Cara Membuat Background Transparan di HP Android

Membuat sebuah gambar dengan latar yang solid mungkin menjadi hal yang biasa sekali dan mudah dilakukan. Namun, bagaimana jika Anda membuat sebuah gambar yang tadinya solid namun diubah menjadi transparan? Memang banyak yang tertarik melakukannya, namun masih bingung bagaimana cara membuat background transparan di HP android.

Anda yang memang suka sekali dengan desain background polos dan transparan, maka cobalah untuk menggunakan aplikasi Pixellab. Gambar model transparan bisa menjadi sebuah file yang mudah sekali untuk Anda aplikasikan ke gambar lain.

Jadi, Anda bisa menambahkan beberapa logo, watermark dan lain sebagainya.  Membuat background transparan tidak harus dari desktop atau laptop lho. Tanpa panjang lebar, ini dia cara membuat background transparan di HP android.

Cara Membuat Background Transparan Melalui Pixellab

Cara Membuat Background Transparan di HP Android
Sumber gambar: lesmkompi

Hal pertama, Anda bisa terlebih dahulu mempersiapkan sebuah gambar. Anda bisa mencarinya di koleksi galeri atau bisa mengambilnya dari situs-situs penyedia gambar. Barulah kemudian Anda bisa menggunakan PixelLab untuk menciptakan background foto transparan, caranya :

  1.     Unduhlah aplikasi Pixellab pada Google Play Store atau bisa di App Store.
  2.     Buatlah akun jika aplikasi Pixellab sudah terinstal di smartphone.
  3.     Setelah itu Anda bisa langsung membuat gambar menjadi transparan dengan memilih ikon (+)di bagian menu paling batas.
  4.     Setelah menekan ikon tersebut, maka smartphone akan menampilkan pop up. Anda bisa menekan klik opsi “From Gallery”.
  5.     Baru setelah itu Anda bisa memilih koleksi foto mana yang hendak Anda jadikan transparan.
  6.     Setelah memilih, maka Anda bisa mengetuk opsi “Crop”. Pastikan saat meng crop, Anda sisakan bagian objek gambarnya saja.
  7.     Baru setelah itu Anda bisa menekan tanda Centang.
  8.     Setelah itu Anda bisa mencari menu Erase Colorkemudian klik.
  9.     Apabila menu Erase Colorini telah Anda klik, secara otomatis opsi Enabled muncul. Anda bisa menggeser opsi Enabled ini ke kanan hingga bisa muncul ikon tanda tolerance.
  10. Nah, untuk menjadikan gambar transparan, maka Anda bisa mencari warna mana yang hendak Anda hapus. Pilihlah opsi Pick a colordan geser ikon tolerance pada sudut manapun yang warnanya ingin dihapus dan diubah transparan.
  11. Setelah Anda merasa semua warna menjadi transparan, maka segera klik ikon Centang.
  12. Jika Anda sudah mengklik ikon Centang maka otomatis warna yang hendak Anda hapus akan hilang dan gambar menjadi transparan.
  13. Namun apabila Anda ingin menghilangkan 2 warna atau lebih pada gambar, maka Anda cukup menekan ikon (+). Ikon ini memiliki arti bahwasanya layer bisa Anda hapus. Ikon ini bisa digunakan untuk menghapus hingga 10 warna.
  14. Apabila Anda sudah menghapus semua warna yang ada pada gambar, maka jangan lupa untuk mengubah background keseluruhan gambar ke transparan dengan mencari menu bertuliskan Pengaturan Background.
  15. Setelah itu Anda bisa mencari menu yang bertuliskan Transparent.
  16. Selanjutnya Anda bisa mengklik tulisan Simpan Image.

Dengan beberapa cara membuat background transparan di HP android yang telah dijabarkan di atas, maka Anda tidak perlu repot menggunakan software-software seperti Photoshop, Lightroom dan sebagainya.

Menjadikan background Anda transparan membuat perangkat seluler lebih menarik dan mengesankan. Banyak dari orang-orang menggunakan wallpaper background transparan seperti motherboard di dalam perangkat seluler dan menjadikannya  sebagai wallpaper smartphone.

Cukup instal aplikasi PixelLab dan Anda sudah bisa mengubah gambar dengan warna solid menjadi transparan. Semoga tutorial diatas bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda semua.