Gak Cuma Blokir Hp Bodong, Ini 3 Fakta Tentang IMEI yang Jarang Diketahui
Sumber gambar: cnbc

Gak Cuma Blokir Hp Bodong, Ini 3 Fakta Tentang IMEI yang Jarang Diketahui

Baru baru ini para pengguna smartphone black market BM terketir ketir saat pemerintah gencar melakukan pemblokiran masal ponsel BM atau ponsel bodong ini, jadi untuk kamu yang belum tahu hp kamu itu resmi atau BM kamu wajib mengeceknya menggunakan nomor IMEI.

Untuk membahas itu tentunya kamu harus tahu apa itu IMEI dan apa saja fitur fitur yang dapat kamu gunakan, jadi kita terlebih dahulu kenali apa itu IMEI dan selanjutnya teknohits akan berikan kamu fakta fakta menarik mengenai yang jarang diketahui.

Apakah Fungsi IMEI?

Seringkali diabaikan oleh para penggunanya, ternyata nomor IMEI pada HP bukan hanya sekadar kumpulan angka biasa melainkan punya fungsi yang sangat penting lho, bro.Mau tahu apa saja fungsi IMEI sampai bisa dikatakan penting? Berikut adalah fungsi-fungsi dari nomor IMEI.

1. Mengetahui Identitas HP

Bingung mau cari tahu identitas HP kamu lewat mana? Tak perlu khawatir, bro! Kamu juga bisa lho manfaatkan nomor IMEI yang tertera pada HP untuk mengetahui hal ini. Kamu juga dapat mengunjungi situs untuk cek IMEI seperti www.imei.info untuk mengecek identitas HP secara detail.

2. Untuk Mengecek Garansi

Bukan cuma itu, Fungsi lain dari nomor IMEI merupakan untuk mengecek masa garansi yang dimiliki oleh HP kamu, bro. Hal tersebut menjadi sangat penting buat kamu yang ingin membeli HP secara online. Dengan itu, kamu dapat mengecek terlebih dahulu apakah HP yang mau kamu beli masih dalam kondisi baru atau nggak.Entah Android maupun iPhone, kamu tetap bisa mengecek sisa garansi HP kamu lewat situs resmi mereka, lho!

3. Untuk Melacak HP Hilang

Selain untuk mencari info mengenai perangkat HP yang kamu punya, fungsi lain dari nomor IMEI yang juga sangat penting adalah untuk melacak HP yang hilang, bro. Bila selama ini kamu cuma andalkan aplikasi untuk melacak HP yang banyak beredar di internet, ternyata kamu juga bisa lho menegcek HP hilang menggunakan IMEI. Akan tetapi, untuk melakukan hal tersebut kamu tak dapat melakukannya sendiri melainkan menghubungi pihak provider kartu SIM yang kamu gunakan dan meminta untuk memblokir HP yang hilang lewat nomor IMEI.