Perbedaan iPhone X & XR, Mana yang Lebih Unggul?

sudah tak diragukan lagi iPhone merupakan sebuah Smartphone yang sangat digemari dan laku dipasaran, meskipun mempunyai harga yang relatif lebih mahal dari Smartphone Android tapi iPhone, masih banyak lho para penggemar setianya.

salah satu merek iphone yang sedang digemari adalah iPhone X yang pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada akhir 2017 silam. lalu perusahaan apple tersebut meluncurkan versi XS dan XS Max, Apple akhirnya merilis iPhone XR yang memiliki harga rilis lebih murah.

jika kita memperhatikan dengan sekilas, iPhone XR akan terlihat seperti versi downgrade dari iPhone X. akan tetapi kamu jangan salah, bro. karena, ada keunggulan iPhone XR yang tidak dimiliki oleh iPhone X, lho. Apalagi, saat ini keduanya berada di kisaran harga yang gak beda jauh. Biar kamu gak salah beli dan menyesal, mending simak beberapa perbedaan iPhone X dengan XR berikut ini:

Perbedaan iPhone X & XR, Mana yang Lebih Unggul?

 

1. Desain & Material Body

hal yang pertama, teknohits akan bahas sebuah  perbedaan dari segi desain dan material terlebih dahulu. Keduanya ternyata mempunyai desain yang mirip di segi notch dan sudah nggak lagi menggunakan home button.

jika kamj mencermati, perbedaan iPhone X & XR itu terletak pada material body, di mana iPhone X sudah menggunakan finishing stainless steel sehingga lebih mengkilap dan terkesan premium. Sementara, iPhone XR memakai material alumunium dan kaca supaya lebih murah. Bezel pada iPhone XR juga sedikit lebih lebar dibanding dengan iPhone X. Kelebihan body iPhone XR yaitu materialnya yang lebih tahan gores dibanding iPhone X yang memakai stainless steel.

2. Layar

Perbedaan iPhone X dan iPhone XR berikutnya yaitu pada layar, bro. iPhone X memiliki layar dengan panel OLED berukuran 5,8 inci dan memiliki resolusi 2.436 x 1.125 piksel. sementara itu, iPhone XR dibekali layar berukuran lebih besar, yakni 6,1 inci. Hanya saja, resolusinya hanya 1.792 x 828 piksel serta memakai jenis panel Liquid Retina. Di atas kertas, spesifikasi layar iPhone X memang lebih unggul bro. akan tetapi, kalau dari ukuran layar tergantung preferensi kamu masing-masing, bro.

3. Kamera

Kini kita masuk ke sektor kamera. jika dilihat sekilas, sih, dual kamera belakang iPhone X tentunya lebih unggul dibandingkan 1 kamera belakang pada iPhone XR. Padahal, gak sesimpel itu, bro! bahkan, kualitas gambar yang dihasilkan oleh iPhone XR bisa mengalahkan dual kamera iPhone X. Pasalnya, kamera iPhone XR memiliki spesifikasi yang sama dengan iPhone XS dan XS Max. Kamera iPhone XR juga bisa tangkap gambar dan video lebih baik di kondisi low light maupun high exposure. Wajar, sih, karena iPhone XR sudah didukung dengan chipset yang lebih baru dibanding iPhone X.

4. Performa

berikutnya, teknohits ingin membahas soal performa, bro. Untuk ukuran HP flagship dengan harga yang cukup mahal, keduanya hanya dibekali RAM sebesar 3GB saja. sungguh disayangkan, sih. lalu, apakah beda iPhone X dengan XR? iPhone XR mempunyai chipset Bionic A12 yang lebih baru dan bagus dibandingkan chipset Bionic A11 yang diusung oleh iPhone X. bukan hanya itu, iPhone XR juga punya varian memori internal yang lebih lengkap, yaitu mulai dari 64GB, 128Gb, dan 256GB. Beda dengan iPhone X yang cuma memiliki varian 64GB dan 256GB.

5. Baterai

Percuma punya HP canggih jika kualitaa baterainya kentang. Baru main game atau streaming flm sebentar, tau-tau baterai HP sudah tinggal setengah saja. Nah, untuk kamu yang concern dengan masalah baterai pada iPhone X, isu ini kini sudah berhasil diperbaiki oleh Apple melalui iPhone XR, geng. Kapasitas baterai yang lebih besar (2.942 mAh) serta battery consumption yang jauh lebih hemat, bikin iPhone XR mampu mengungguli iPhone X yang harga rilisnya lebih murah.

Tinggalkan komentar