5 Spesifikasi Hp Yang Harus Kamu Tahu, Saat Membeli Smartphone

Hallo guys, kali ini teknohits akan memberikan sebuah informasi penting nih untuk kamu yang ingin membeli sebuah smartphone tapi belum mengerti apa saja yang harus diperhatikan saat membeli sebuah hp baru.

Biasanya banyak orang akan tergoda jika melihat ponsel keluaran anyar, karena mungkin ingin memiliki atau berganti ponsel yang baru, maka dari itu para pengguna yang akan membeli ponsel baru harus memperhatikan hal penting atau melihat spesifikasi yang anda butuhkan.

 

Berikut Ini hal yang harus kamu tahu sebelum membeli hp baru

 

1. Prosesor

Prosesor adalah salah satu komponen paling penting saat membeli smartphone. Tidak perlu yang paling terbaru dan paling gahar. Kamu harus pilih prosesor sesuai kebutuhan kamu dalam membeli smartphone. Saat kamu mencari smartphone untuk berkomunikasi dan melakukan pekerjaan ringan cukup mencari ponsel dengan chipset menengah, contohnya Snapdragon 712 atau Exynos 9611.

Sementara itu, saat kamu akan membeli ponsel untuk bermain game hingga penggunaan multi tasking, kamu harus mencari ponsel yang hadir dengan prosesor andalan, contohnya Snapdragon 855+. Spesifikasi prosesor juga akan mempengaruhi budget yang Anda keluarkan

 

2. Penyimpanan dan RAM

Penyimpanan dan RAM sangat penting, pasalnya ini akan berpengaruh pada seberapa besar kamu dapat menyimpan file pada ponsel dan seberapa banyak aplikasi yang bisa di-download. Saat kamu ingin men-dowload game berat seperti PUBG dan aplikasi media sosial lainnya, kamu memerlukan ponsel dengan RAM 4GB atau yang lebih tinggi. Sementara itu, saat kamu membeli ponsel untuk penggunaan yang ringan RAM di bawah 4GB sudah cukup.

 

3. Layar

Aspek berikutnya yang harus diperhatikan sebelum membeli ponsel yakni layar. Saat ini ponsel hadir dengan berbagai tipe layar dari LCD hingga AMOLED. Layar AMOLED menjadi salah satu yang terbaik saat ini. Pasalnya, layar jenis ini diklaim mampu menghemat masa baterai dan membawa tampilan yang lebih kaya warna. Umumnya ponsel dengan layar AMOLED hadir pada ponsel flagship. Teknologi ini juga hadir pada beberapa ponsel kelas menengah seperti Samsung Galaxy M30s

 

4. Baterai

Baterai menjadi salah satu aspek paling penting pada smartphone. Pasalnya dengan kapasitas yang besar maka masa pakai ponsel kamu akan lebih lama. Tak perlu khawatir, beberapa vendor smartphone saat ini sudah merilis ponsel dengan baterai yang cukup besar. Bahkan terdapat beberapa ponsel menengah yang saat ini dilengkapi baterai hingga 5.000 mAh seperti Redmi 8, Galaxy M20, realme 5 dan banyak lagi. Baterai dengan kapasitas 5.000 mAh lebih dari cukup, pasalnya baterai 3.500 mAh diklaim sudah cukup untuk penggunaan harian.

 

5. Kamera

Sepanjang tahun, teknologi kamera telah meningkat secara signifikan. Sekarang, bahkan beberapa ponsel telah hadir dengan sensor kamera yang besar mulai dari 48MP, 64MP dan 108MP. Meskipun demikian, besarnya megapiksel kamera juga bukan berarti hasil foto akan menjadi lebih bagus

Megapiksel hanya berpengaruh pada kualitas cetak gambar tersebut. Alih-alih berfokus pada jumlah megapiksel, kamu harus memeriksa aperture dan ukuran piksel. Modul kamera yang bagus akan memiliki nilai aperture kecil dan ukuran piksel besar. Semakin kecil nilai aperture, semakin baik dan sebaliknya untuk ukuran piksel. Misalnya, jika kamera memiliki apertur f/1.7 dan yang lainnya memiliki f/2.0, kamu wajib memilih yang pertama. terakhir, jika Anda menyukai merekam video di ponsel, kamu juga harus memeriksa apakah modul kamera mendukung OIS dan EIS.