Tips Mudah Menghidupkan Smartphone Jika Tombol Power Rusak!
Sumber gambar: techjak

5 Tips Mudah Menghidupkan Smartphone Jika Tombol Power Rusak!

Hallo guys, kali ini teknohits akan memberikan informasi penting nih mengenai cara mudah menghidupkan Smartphone kamu jika tombol power rusak, karena jika kamu pergi ke konter hanya untuk masalah ini, kamu bisa di patok dengan harga yang cukup mahal.

Jika Smartphone kamu Samsung dan kamu kebetulan mengalami hal itu, teknohits akan kasih tahu kamu tutorial mengenai cara menghidupkan HP Samsung tanpa tombol power. Jika kamu pake HP merk lain, kamu juga tetap dapat memakai cara ini, kok, bro!

 

1. Colok Menggunakan Benda Lain

Pada beberapa kasus tombol power yang rusak dan tidak berfungsi diakibatkan karena bagian luar atau covernya yang hilang dan menyisakan bagian karet di dalamnya. Bila kamu temukan kondisi demikian, kamu dapat memakai benda khusus seperti tusuk gigi, SIM card ejector, atau sejenisnya untuk dapat menekan bagian benjolan yang terdapat di jero nya.

Penting nih, pastikan juga kamu tak memakai benda tajam untuk mencoloknya. Untuk yang penggunaan tusuk gigi, pastikan ujungnya sudah tumpul ya! Kalau memang tombol bagian dalam masih berfungsi, seharusnya dengan cara ini Smartphone kamu masih bisa menyala kembali, bro.

2. Sambungkan dengan Charger / Powerbank

Untuk kamu yang gak mau ribet, coba isi daya smartphone sesaat. Entah itu memakai adapter charger biasa ataupun dengan powerbank. Jika Smartphone android kamu masih dalam keadaan aktif dan menyala, nantinya layar akan otomatis menyala saat dihubungkan ke charger. Lalu kamu tinggal buka kunci layarnya aja deh, baik dengan swipe atau memasang PIN maupun pola, bro.

3. Gunakan Tombol Lain untuk Menyalakan Layar

Lalu kamu juga bisa memakai tombol lain yang berfungsi sebagai tombol power. Salah satunya adalah menggunakan tombol volume up dan down. Sebelumnya pastikan kamu dapat membuka layar menggunakan metode pada poin 1 dan 2. Selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

VIRAL :  Cara Mudah Share Lokasi via Melalui Google Maps dan WhatsApp

Ketuk opsi Enable/Disable Volume Power hingga ikon gear berubah warna.
Aktifkan opsi Boot dan Screen Off untuk sepenuhnya menggunakan tombol volume sebagai pengganti tombol power. Restart smartphone untuk mulai menggunakannya. Gunakan tombol volume up/down sebagai pengganti tombol power. Tekan Turn off screen untuk mematikan layar.

4. Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Selain itu kamu juga bisa memakai fitur Double Tap to Wake yang umumnya sudah tersedia pada smartphone Android rilisan terbaru, bro. Nantinya kamu cuma mengetuk layar dua kali dalam keadaan mati untuk menyalakan layar dan membuka kunci smartphone. mAkan tetapi, untuk ponsel Android seri lama yang belum memiliki fitur ini, kamu dapat mengunduh aplikasi yang bakal Jaka ulas cara pemasangannya di bawah ini. Metode memakai aplikasi Double Tap Screen On and Off tidak berlaku untuk semua tipe HP Android. Bila tak berhasil, lebih baik menggunakan metode pada poin 3 atau 5.

5. Manfaatkan Sensor Biometrik

HP Android rilisan terbaru, mulai dari segmen entry level hingga flagship, saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan sensor biometrik. Salah satu yang paling umum ditemui adalah sensor fingerprint alias sidik jari. Selain itu ada juga fitur biometrik lain, seperti face unlock hingga irish scanner yang juga pernah digunakan loh. Untuk menghidupkan HP tanpa tombol power untuk semua brand, seperti Samsung, ASUS, hingga OPPO kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini deh.