6 Cara Mudah Mengatasi Youtube yang Gak Bisa Dibuka

Dalam artikel sebelumnya teknohits sudah menerangkan Beberapa penyebab aplikasi YouTube yang sedang bermasalah atau YouTube tidak bisa dibuka, nah pada artikel kali ini Mimin akan memberikan solusi untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, kamu cuma tinggal ikuti beberapa langkah yang sudah teknohits rangkum dibawah ini.

1. Hapus Cache pada Aplikasi

Cara Mudah Mengatasi Youtube yang Gak Bisa Dibuka
Sumber gambar: carago.id

Langkah yang Pertama, kamu bisa mencoba cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka dengan menghapus cache dan data aplikasi YouTube di HP kamu. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal buka menu Setelan di HP dan pilih aplikasi terinstall. Selanjutnya, pilih aplikasi Youtube dan pilih opsi Hapus Cache. Jika masih kurang jelas, kamu bisa simak ulasan lengkap mengenai cara hapus cache pada artikel berikut ini. Gampang, kok!

2. Install Versi Sebelumnya

Kuota masih ada dan sudah menghapus cache tapi YouTube masih tidak bisa dibuka? Jawabannya mungkin karena versi yang diinstal nggak compatible dengan HP. Jika kamu masih memakai Android versi lama, pastikan kamu tak lagi memakai aplikasi YouTube versi terbaru yang nggak compatible dengan versi Android tersebut. Untuk itu, coba install aplikasi YouTube versi sebelumnya yang bisa dijalankan pada versi Android yang sesuai dengan HP-mu agar kamu bisa menonton video YouTube lagi.

3. Bersihkan History Pencarian

Bersihkan History Pencarian
Sumber gambar: GO travel.com

Kamu juga dapst mencoba membersihkan history pencarian ketika kamu membuka YouTube dan muncul pesan popup bertuliskan Unfortunately, YouTube has stopped. Selain karena cache, kasus tersebut mungkin terjadi ketika YouTube terlalu penuh dengan riwayat pencarian, komentar, share, dan data lainnya yang memberatkan sistem.

4. Update Versi Terbaru

Saat kamu memakai versi Android terbaru tapi versi aplikasi YouTube yang digunakan sudah terlalu tua, hal ini dapat membuat aplikasi YouTube bermasalah. Apabila versi YouTube terlalu lama, dapat jadi aplikasi itu nggak compatible dengan sistem operasi terbaru pada smartphone milikmu. Meskipun dapat diatasi dengan mudah, kasus ini kerap dialami oleh pengguna YouTube, terutama mereka yang malas untuk update aplikasi YouTube di Play Store.

5. Internet Harus Stabil

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, alasan kenapa YouTube loading terus juga bisa disebabkan oleh koneksi internet yang lambat atau nggak stabil, geng. Koneksi yang naik turun tentu sangat nggak bersahabat dengan YouTube. Jangankan untuk memutar video, untuk melakukan pencarian saja pasti akan terseok-seok. Untuk itu, pastikan kuotamu masih cukup dan koneksi intenetmu dalam keadaan stabil agar kamu bisa menonton film favorit atau video lainnya di YouTube dengan nyaman.

6. Install Ulang YouTube

Jika solusi di atas masih belum berhasil, kamu juga dapat mencoba untuk install ulang aplikasi YouTube yang sudah diunduh di HP kamu. Masalah Youtube yang tak dapat dibuka sama sekali mungkin saja disebabkan oleh kesalahan dalam proses penginstalan yang membuat aplikasi bermasalah. Bila memang ini penyebabnya, coba uninstall aplikasi YouTube terlebih dahulu. Setelah proses uninstall selesai, install kembali aplikasi Youtube di HP kamu.

Tinggalkan komentar