Aplikasi Meeting Online Terbaik : App Rapat Online

aplikasi meeting online

Aplikasi meeting online kini sedang hangat diperbincangkan sebab kini orang-orang harus mulai kerja dirumah secara online, oleh karena itu kali ini akan membahas artikel mengenai 5 aplikasi rapat online terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Saat ini seluruh dunia sedang digemparkan oleh wabah pandemik virus corona atau Covid-19. Salah satu aktivitas yang mendapatkan imbas dari wabah ini adalah meeting.

Meeting telah menjadi kegiatan yang tak terhindarkan dari dunia kerja. Namun, untuk mencegah persebaran wabah Covid-19, maka banyak perusahaan maupun pihak lain yang melakukan pengalihan bentuk aktivitas offline menjadi online.

Menerapkan himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah (work form home), maka aplikasi rapat online kini menjadi kebutuhan dalam mendukung kelancaran suatu pekerjaan.

Aplikasi meeting online dapat diperoleh dari internet maupun download dari Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan baik di smartphone maupun di PC atau komputer.

Berikut adalah daftar aplikasi obrolan video teratas untuk melakukan rapat online yang produktif untuk tim kerja Anda.

5 Aplikasi Meeting Online Terbaik untuk Rapat Tim Kerja

1. Zoom : Online Meeting

zoom, online meeting

Zoom merupakan aplikasi dengan konsep video conference yang dilengkapi dengan fitur percakapan. Jumlah peserta dalam satu kali video conference Zoom terbilang cukup besar yaitu 100 orang.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah video call yang dapat menampilkan muka dari peserta rapat. Kemudian, Zoom juga mampu menampilkan tampilan desktop komputer (screen sharing), sehingga dapat mendukung kelancaran suatu rapat.

Masih ada lagi kelebihan dari Zoom yaitu aplikasi ini dapat dioperasikan pada Google Drive, Dropbox, dan Box untuk berbagi dokumen dan foto.

Sama seperti Google Meet, untuk dapat bergabung dalam grup rapat online atau join a meeting, peserta rapat harus memasukan meeting code pada zoom di perangkat mereka.

Meeting code dibuat oleh Host yang merupakan user yang berperan sebagai penyelenggara rapat. Keunikan dari Zoom yaitu, Host dapat mengatur kondisi aktif dari microphone setiap peserta rapat dengan cara mengklik mute/unmute.

Peserta rapat memiliki fasilitas untuk mengangkat tangan atau raise hand ketika ingin berbicara dan juga mute/unmute untuk berbicara.

Namun, sayangnya Zoom hanya memiliki durasi waktu operasi selama 40 menit saja, jika lebih dari itu maka user akan diminta untuk bergabung kembali ke rapat.

2. Google Meet : Hangouts

google meet, aplikasi video call

Google mengusung aplikasi chat online yaitu Hangouts Meet. Berbeda dari WhatsApp, Hangouts Meet mampu menampung partisipan hingga 250 user sekaligus dalam satu kali video call.

Sejumlah fitur juga turut melengkapi aplikasi ini antara lain adalah captions yang dapat secara otomatis dimunculkan dengan konsep text-to-speech hingga jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Meeting online dilakukan dengan cara memberikan meeting code yang diberikan oleh penyelenggara rapat kepada peserta rapat.

Kemudian, peserta rapat harus memasukan meeting code ke google meetings di perangkat mereka. Google Meet dapat diunduh di Android melalui Google Play Store dan juga iOS.

3. Skype

skype, online meeting

Skype merupakan aplikasi percakapan sekaligus video online yang didukung oleh Microsoft. Kapasitas peserta dalam suatu forum di Skype adalah 25 user dalam satu kali panggilan.

Kelebihan dari Skype dibandingkan beberapa aplikasi lain adalah Skype dapat diakses pada beragam perangkat seperti komputer/PC, smartphone, hingga TV yang kompatibel.

4. Slack

slack, rapat online

Aplikasi satu ini memiliki konsep utama yaitu sebagai sarana percakapan berbasis grup. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Slack?

Pertama, aplikasi ini dapat digunakan untuk berdiskusi antar topik secara luas. Selain itu, user dapat membagikan dokumen dan melakukan video conference hingga maksimal 15 orang.

Slack telah terhubung secara otomatis dengan beberapa tools dari media sosial lain. Diantaranya adalah Google Drive, Dropbox, hingga Twitter.

5. WhatsApp

whatsApp, video call app

Merupakan media sosial yang meiliki fitur chat, call, video call, group chat, dll. Aplikasi ini dapat digunakan fungsinya untuk melaksanakan meeting online jarak jauh.

Namun, perlu diperhatikan bahwa WhatsApp memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat melangsungkan video call yang dilakukan oleh empat orang (termasuk pengguna) saja.

Karena keterbatasan WhatsApp tersebut, maka meeting yang dapat dilakukan pada media sosial ini hanya dapat melibatkan peserta rapat tidak lebih dari empat orang.

Itulah 5 aplikasi meeting online yang dapat mendukung kelancaran rapat yang dilakukan secara jarak jauh. Banyak dari layanan aplikasi diatas menawarkan fitur serupa, ada sedikit variasi berbeda yang ditawarkan jadi pilih sesuai kebutuhan ya.

Mari kita mulai bekerja dari rumah untuk sementara waktu dengan aplikasi rapat online! #stayathome

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *